Harbolnas
Lifestyle

Harbolnas

by Dewi
Fri, 09-Dec-2016

Hai Sis.. Makasih ya Gan..

Yang biasa belanja online pasti familiar dengan sapaan itu ya. Musti diakui keberadaan online shopping itu mempermudah hidup kita banget. Nggak perlu ngongkos, nggak perlu pusing dengar bujuk rayu mbak/mas yang jaga toko, tinggal duduk manis di manapun kamu berada, jari-jari beraksi, selesai sudah belanjanya.

Nah, tanggal 11 November yang lalu ada perayaan Hari Belanja Online Nasional. Toko-toko online berlomba-lomba memberikan potongan harga gila-gilaan. Yang nggak kuat iman, bisa bolong deh kantongnya. Gimana sih sejarahnya bisa sampai ada hari perayaan ini?

Hari Belanja Online Nasional dicetuskan oleh Handi Irawan D., seorang pakar marketing dan konsultan bidang Ekonomi yang juga sebagai penggagas Hari Media Sosial dan Hari Pelanggan Nasional. Tujuannya adalah untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja online. Pertama kali dirayakan pada 12 Desember 2012 [12.12.12].

Lalu kenapa ada yang mengaitkannya dengan Black Friday? Sebetulnya sebutan Black Friday yang berasal dari Amerika itu berkaitan dengan perayaan Thanksgiving. Pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day, toko–toko buka lebih lama dan berlomba–lomba menawarkan diskon besar-besaran atau cuci gudang untuk menarik pembeli. Lalu mengapa disebut Black Friday? Karena pada hari tersebut neraca pembukuan mereka berubah dari merah [rugi] menjadi hitam [untung]. Ketika para retailer beroperasi pada bulan Januari hingga November, kebanyakan mencatat kerugian yang dikiaskan dengan tinta merah. Kemudian mendapat banyak keuntungan dari penjualan besar ketika menjelang Natal dan libur Thanksgiving.

Nah Commuters, kalo kamu kelewat perayaan Harbolnas di November lalu, jangan sedih, masih ada 1212 [12 Desember]. Pas tanggal merah pula. Bisa belanja jam berapa aja, sambil tiduran pun bebas.. Tapi sebaiknya kamu berpegang pada kiat-kiat berikut nih supaya terhindar dari kebangkrutan setelahnya:

  • Yang pasti siapkan jaringan internet. Nggak lucu kan, tinggal dikit lagi menyelesaikan transaksi barang yang sudah kamu incar sekian lama, tiba-tiba.. pettt!! Terputus. Ah. Sedih.

  • Buat daftar belanja. Ini penting. Kalo nggak, bisa-bisa kamu beli semua yang kamu liat di situ.

  • Perhatikan diskon yang diberikan. Toko online pasti memampang angka diskon yang gede-gedean, tapi nggak ada salahnya kamu cek lagi harga pasaran barang tersebut.

  • Baca deskripsi produk dan testimoni pembeli lain. Ini penting supaya kamu benar-benar mendapatkan barang dengan kualitas bagus.

  • Pilih cara pembayaran yang paling nyaman buat kamu. Jika pilih cara transfer, simpan bukti transfernya baik-baik ya.

Well, selamat belanja ya, Commuters.. [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto shoppingnow.us & gizbot.com