6 Cara Meningkatkan Memori Otak
Lifestyle

6 Cara Meningkatkan Memori Otak

by Sherra
Thu, 26-Jan-2017

Kadang kita merasa lupa-lupaan. Trus pasti langsung dibilang, "wah faktor umur tuh!". Bukan karena umur, kadang kelupaan itu karena gaya hidup yang nggak tepat. Biar memori otak bisa kembali bekerja dengan baik, coba lakukan beberapa hal ini.

1. Tidur Cukup

Kadang orang dengan aktivitasnya yang sibuk cuma punya waktu sedikit untuk tidur. Pada akhirnya berdampak negatif untuk kemampuan kognitifnya. Coba deh atur lagi siklus tidur selama beberapa hari sesuai dengan usia. Misalnya, orang dewasa tidur minimal 7 jam sehari.

2. Olahraga Dong!

Yep, olahraga adalah cara bagus untuk meningkatkan aliran darah yang akan membawa oksigen dan nutrisi penting ke otak. Sederhana aja, coba aja jogging selama 20-30 menit tiga kali seminggu. Nggak bisa juga? Ada lho sebuah studi terbaru yang menemukan satu menit olahraga dengan intensitas tinggi per hari bisa memberikan dampak yang besar.

3. Istirahatkan Otak

Banyak orang yang membaca berjam-jam atau sistem kebut semalam saat mempelajari informasi baru. Ah, itu nggak selalu efektif lho. Ada masanya ketika titik kemampuan otak dalam menyimpan akan menurun. Otak perlu istirahat karena informasi yang berlebihan bisa bikin otak kelelahan. Sama aja kayak badan kita yang diforsir untuk lari 5 km non-stop, misalkan. Saat kamu udah nggak konsen lagi menyerap materi, santai aja dulu.

4. Lakukan Brain Challenge

Kalau pengin ingatannya naik level, coba main permainan untuk melatih otak. Banyak banget kok aplikasi gratis yang bisa diunduh di hape. Selain buat hiburan, bisa juga buat memperkuat jalur saraf otak dan kemampuan mental.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Iya dong. Mengonsumsi yang kita makan sangat berperan penting untuk menjaga kemampuan otak menyimpan dan mengingat informasi. Blueberry atau dark chocolate bisa jadi pilihan. Bisa juga pilih makanan dengan antioksidan tinggi agar berdampak positif pada memori otak. Ah ya, makanan olahan atau yang tinggi kandungan gulanya harus diminimalkan karena bisa menyebabkan kelelahan otak.

6. Meditasi

Cobe deh, bermeditasi selama 10 menit setiap hari bisa meningkatkan kemampuan otak untuk fokus dan konsentrasi. Jadi otak pun lebih mudah mengingat hal-hal penting.[][teks @saesherra/lifehack.org | foto pixabay.com]