7 Cara Menyehatkan Kamar Tidur
Lifestyle

7 Cara Menyehatkan Kamar Tidur

by Sherra
Wed, 22-Feb-2017

Tumpukkan kotoran, debu, dan tungau di tempat tidur bisa menyebabkan jerawat, bahkan asma. Mungkin kita sudah tahu untuk menyingkirkannya dengan mencuci sprei, selimut, dan sarung bantal setiap 1-2 minggu sekali. Eh, tapi jangan lupa beberapa hal ini ya. Kamar tidur yang 'sehat' bikin kita sehat juga.

Kualitas Udara

» Kalau kamar tidur berjendela, bukalah setiap hari agar menyegarkan udara di dalam kamar dan mengeluarkan gas beracun yang terendap di kamar selama berhari-hari. Gas dari semprotan anti nyamuk, misalkan.

» Letakkan tanaman hias. Bukan cuma jadi tanaman pot biasa atau buat mempercantik kamar tidur, tapi bisa melepaskan oksigen dan membantu menyaring udara. Misalnya aja, tanaman lidah mertua, lili paris, lili perdamaian, dan sebagainya.

» Sebuah filter udara bisa jadi cara yang efisien untuk memurnikan kamar tidur dari polutan berbahaya.

Kebersihan

» Walaupun sudah menggunakan filter udara,  kamu harus membersihkan debu dan kotoran secara rutin. Apalagi area yang cenderung banyak kotoran menumpuk, seperti lantai, pinggir tembok dan jendela, dan jok kursi.

» Sebelum merapikan tempat tidur, kibas-kibas sprei dan selimut. Begitu juga dengan bantal, dikepruk-keprukan dahulu sebelum ditata lagi.

Hindari Toksin yang Bersembunyi

» Gunakan bantal yang dibuat alami, tanpa bahan kimia. Misalnya, dari wol, bulu, atau busa lateks alam.

» Jauhi peralatan kantor dari tempat tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa printer laser memancarkan partikel kecil ke udara yang mungkin berbahaya. [][teks @saesherra/popsugar | foto pexels.com]