Barang-barang Ini Ada Kadaluarsanya Lho!
Lifestyle

Barang-barang Ini Ada Kadaluarsanya Lho!

by Sherra
Sun, 11-Jun-2017

Kita selalu inget ngecek tanggal kadaluarsa makanan atau produk kecantikan. Tapi sayangnya, kita nggak memerhatikan beberapa barang di rumah kita. Padahal barang-barang itu sering banget kita pakai dalam jangka waktu lama.

1. Handuk

Umurnya 1-3 tahun. Handuk basah adalah tempat berkembangnya bakteri. Bahkan mencuci secara rutin bukan solusi untuk masalah tersebut.

2. Disinfektan

Cairan-cairan pembersih ini berumur 3 bulan. Lebih dari itu, kekuatan anti infeksinya bakal kurang efektif.

3. Bantal

Bantal harusnya cuma sampai 2-3 tahun. Mau berbahan apa pun bantal akan tetap jadi tempat tinggal tungau. Terlebih lagi, dapat menyebabkan sakit leher karena bentuknya akan berubah. Hmm, apalagi kalau kamu sering ngiler. Wah..

4. Sepatu lari

Umurnya setahun. Cepet banget ya? Pokoknya saat kamu udah lari sampai 400-500 Km, bantalan sepatu lari andalanmu mulai berkurang. Itu bakal makin menegangkan sendi.  

5. Gas pemadam

Kebanyakan alat pemadam bisa berfungsi 5 sampai 15 tahun. Tapi kalau lupa kapan membelinya, coba periksa jarum pengukurnya. Jika berada di area hijau, berarti masih berfungsi.

6. Spons dan Shower puff

Spons berumur 2 minggu sedangkan shower puff 6 bulan. Lebih dari waktu tersebut, keduanya akan mengembiakkan jamur. Shower puff sintetik bisa direbus untuk membunuh bakteri yang mungkin berkembang.

7. Sikat gigi

Hayoo, kapan terakhir ganti sikat gigi? Setelah berumur 3 bulan, sikat gigi harus diganti ketika bulunya mulai rontok. Tapi disarankan untuk beli sikat gigi baru setelah menderita flu biar nggak sakit lagi.

8. Sisir

Sisir mestinya dibersihkan setidaknya satu minggu dan diganti setahun sekali. Ada juga sih sisir yang terbuat dari bulu babi dan harus diganti setiap 7-10 bulan sekali.

9. Dot bayi

Perhatikan bagaimana pemakaian dot. Seringkah? Karet dot mudah robek dan robekan tersebut bisa mengembangkan kuman. Biasanya dot bayi berumur 2-5 minggu.

10. Baby car seat

Umurnya 6-10 tahun. Lebih baik beli car seat baru untuk anak daripada bekas. Karena bentuk car seat yang berubah bisa mengurangi keamanannya.

11. Bra

Ketika bentuk, elastisitas, ukuran bra berubah, atau rasanya udah nggak nyaman, belilah yang baru. Bra biasanya berumur 1-2 tahun.  

12. Bumbu

Ibu-ibu biasanya simpenan bumbu dapurnya banyak. Perlu diperhatikan lho, rasa dan aromanya akan berkurang seiring berjalannya waktu. Bisa sih bertahan sampai 2-3 tahun. Tergantung dari jenis, proses pengeringan, dan bagaimana penyimpanannya. Untuk bumbu halus, harusnya nggak disimpan lebih dari 6 bulan. [][teks @saesherra/brightside.me, simplemost.com | foto pixabay.com]