EDC, EDT, EDP atau Perfume?
Lifestyle

EDC, EDT, EDP atau Perfume?

by Sherra
Tue, 19-May-2015

Parfum adalah kebutuhan primer bagi seluruh wanita, juga pria. Banyak brand yang merilis aneka macam varian aroma untuk para pelanggan. Nggak heran, banyak juga yang rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan aroma yang sesuai dan tentunya lebih tahan lama. Dari seluruh parfum di dunia, mereka memiliki tipe tertentu. seperti: Perfume, Eau de Parfum, Eau de Toilette, dan Eau de Cologne. Lalu, apa perbedaannya? Yuk kita pelajari..

Eau de Cologne [EDC]
Jenis wewangian ini adalah yang paling ringan karena hanya mengandung 2-5% essential oil dan banyak mengandung air dan alkohol. Ada banyak macam nama lain EDC, misalnya body mist, body spray, cologne, atau body splash. Hmm, wewangian seperti ini hanya bertahan 1 jam. Wewangian ini pas banget buat kamu yang butuh kesegaran tanpa mandi karena wanginya begitu menyegarkan.

Eau de Toilette [EDT]
Memiliki 5-15% essential oil. EDT atau Eau de Toilette adalah versi lembut dari parfum dan masih tergolong mahal. Wanginya hanya bertahan lebih dari 2-4 jam dari pemakaian. Wanginya nggak terlalu menyengat dan biasanya digunakan untuk dipakai sehari-hari.

Eau de Perfume [EDP]
Memiliki 10-20% essential oil, selebihnya adalah alkohol. Konsentrasi pewanginya lebih tinggi dan lebih tahan lama sekitar 6-12 jam. Harganya? Masih terjangkau walaupun merogoh kocek lebih dalam. Eau de parfum atau EDP ini biasanya paling sering digunakan oleh orang yang bekerja atau beraktivitas seharian.

Perfume
Dari semua jenis wewangian, perfume paling awet dan bisa bertahan hingga 48 jam. Nggak heran 'kan harganya paling mahal dari jenis yang lain? Kadar essential oil-nya mencapai 22-40% tanpa campuran alkohol. Nah, pakainya pun sedikit, cuma dioles di beberapa bagian tubuh dan bisa tahan sampai 2-3 hari.

Tips Memakai Parfum
Pakailah parfum tersebut di daerah kulit yang bisa menebarkan aroma lebih harum, seperti pergelangan tangan, leher dan lengan. Daerah kulit tersebut adalah daerah nadi yang menimbulkan panas tubuh. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]