Berkenalan dengan Commuter dari Berbagai Negara
Lifestyle

Berkenalan dengan Commuter dari Berbagai Negara

by Intern 2
Mon, 18-Sep-2017

Kata Commuter berasal dari kata commute, yaitu seseorang yang bepergian untuk melakukan aktivitas dan kemudian kembali ke rumahnya pada hari itu juga dan dilakukan setiap hari. Untuk menunjang aktivitas “pulang-pergi” tersebut, maka disediakan transportasi yang dikenal dengan “commuter”. Di Indonesia, “commuter” tersebut adalah Kereta Rel Listrik [KRL], atau commuter-line. Namun di beberapa negara, “commuter” tidak identik dengan KRL, namun bermacam-macam. Yuk, kenalan dengan commuter dari berbagai dunia.

1. Kereta Gantung [Bolivia]

theguardian.com

Negara Bolivia memiliki kereta gantung terbaru untuk menopang aktivitas penduduk Kota La Paz dengan Kota El Alto

2. Kereta Tinggi [Jerman]

theguardian.com

Yang biasanya kereta di atas tanah, yang ini berada di atas. Nah, kereta ini terhubung dengan rel yang menggantung, sehingga seperti rodanya berada di bagian atas kereta.

3. Eskalator Luar Ruangan [Kolombia]

theguardian.com

Biasanya menemukan eskalator di dalam ruangan seperti mall? Di Kolombia, eskalator ini dibangun di kawasan pemukiman padat penduduk.

4. Trampe Bicycle Lift [Norwegia]

theguardian.com

Dari bahasanya, bisa diterjemahkan sebagai “pengangkut sepeda”. Namun, ternyata bukan sepeda yang diangkut ke atas. Komuter yang satu ini dapat ditemukan di Norwegia. Cara menggunakannya, bagi pengendara sepeda cukup meletakkan kaki kanan di atas footplate untuk ditarik ke atas. Mudah kan?

5. Carmelit [Israel]

theguardian.com

Komuter yang berasal dari Israel ini fungsinya sama seperti commuter line di Indonesia. Namun, yang unik dari komuter ini adalah, dapat mengantar penumpangnya ke lokasi dataran tinggi, sehingga membuat bentuk keretanya tidak lurus melainkan seperti bertingkat. [][teks @apra_manuela | foto theguardian.com]