Sebelum Jadi Boss
Lifestyle

Sebelum Jadi Boss

by Dewi
Fri, 08-Sep-2017

Mungkin kamu sering dengar slogan “Be a Leader, Not a Follower”. Atau orangtua ada yang pengin anaknya jadi manager, jadi boss. Keren sih.. Tapi ingat, sebelum jadi boss, kamu harus jadi bawahan yang oke dulu. Bawahan yang kerjanya bagus. Bawahan yang prestasinya terdeteksi para boss. Dan nggak menjilat ya.. Big No!

Untuk menjadi bawahan yang oke jangan dikira gampang. Para boss kalo bawahannya asal-asalan, pekerjaan mereka bakal kacau. Jadi, jangan anggap remeh posisi bawahan. Coba baca nih rumus-rumusnya..

1. Tahan Banting

Bawahan biasanya harus tahan terhadap berbagai perilaku atasan dan rekan kerja yang nggak selalu manis. Se”neraka”nya perangai atasan, bawahan harus tetap menyelesaikan tugasnya dengan hasil yang sempurna. Ini artinya, menjadi bawahan harus tahan banting dan bisa membaca situasi serta mengenal perangai orang lain. Nah kalo nanti jadi boss, kemampuan-kemampuan itu akan sangat berguna.

2. Berdiplomasi

Menjadi bawahan pasti akan ketemu dengan rekan kerja yang berbeda pendapat atau atasan yang alot sekali untuk menyetujui usulan-usulan kamu. Nah, kamu harus mampu menghadapi perbedaan tanpa berantem. Begitu juga kalo nanti jadi boss, karena kamu pun pasti akan tetap menemukan perbedaan-perbedaan, dan bisa jadi dalam skala yang lebih besar.

3. Memiliki Keberanian

Bukan untuk ngelawan atasan ya, tapi kamu sebagai bawahan memang harus memiliki keberanian untuk ngasih tau jika atasanmu melakukan kesalahan. Bawahan harus memperhatikan apa yang dikerjakan atasannya dan ikut terlibat. Dengan kamu berani mengingatkan atasan, artinya kamu aktif dan memberikan support yang bagus untuknya. Kalo nanti jadi boss, kamu pun pasti pengin punya bawahan kayak gini..

4. Berkolaborasi

Dalam banyak bidang pekerjaan, bawahan lah yang dituntut banyak ngeluarin kreativitas. Bawahan pula yang merasakan arahan atasannya membantu atau nggak. Jika sebagai bawahan kamu sukses mengeluarkan semua potensi kamu, saat jadi boss nanti kemampuan itu bermanfaat untuk memahami dan menggali potensi bawahanmu. Karena atasan yang baik itu bukan hanya dari nilai performa dirinya, tapi performa timnya pun turut menentukan.

Bawahan yang oke itu yang mendukung saat atasannya bekerja dengan benar, dan berani mengingatkan jika atasan melakukan kesalahan. Berkompeten, memiliki motivasi, dan cerdas. Tiga hal itupun harus kamu miliki kalo nanti jadi boss. Ingat, boss juga punya atasan.. [][teks @tantedow/fastcompany.com | foto acleap.wordpress.com & mediabistro.com]