Kebiasaan Berbelanja Dengan Cara Mencicil
Lifestyle

Kebiasaan Berbelanja Dengan Cara Mencicil

by Irani
Wed, 11-Oct-2017

Commuters, kamu termasuk yang suka belanja dengan membayar tunai atau cicilan? 

Kalau jawaban kamu dengan tunai, well it’s a good habit! Pertahankan ya. Tapi bagaimana kalau kamu lebih suka membayar dengan cicilan? Hmm.. let’s see.

Berbelanja dengan cara mencicil sebetulnya bukan satu hal yang buruk. Apalagi memang fasilitas cicilan itu sudah banyak tersedia di pusat perbelanjaan offline maupun online. Tapi kebiasaan ini bisa menjadi hal buruk kalau kamu terus-terusan berbelanja dengan mencicil tanpa mempertimbangkan banyak hal, seperti pemasukan setiap bulan berapa, dengan cicilan setiap bulan berapa. Hati-hati, nantinya bisa lebih besar pengeluaran daripada pemasukan lho!

Hal ini sebetulnya memang menjadi satu fakta unik di Indonesia. Menurut beberapa sumber, orang Indonesia itu lebih suka berbelanja dengan mencicil daripada dengan tunai. Baik perempuan maupun laki-laki. Untuk produk yang paling banyak diminati adalah gadget.

Nah, jika kamu ingin membeli sesuatu dengan cara mencicil, pertimbangkan beberapa hal ini: hitung pemasukan kamu setiap bulannya, bagaimana cara mencicilnya, dan dalam rentang waktu berapa lama kamu akan mencicil. Selalu siap dengan segala risikonya ya! [][teks @cha2nisya/beritasatu.com | foto pixabay.com, freepik.com]