Macam-macam Pembayaran Non Tunai
Lifestyle

Macam-macam Pembayaran Non Tunai

by Irani
Tue, 31-Oct-2017

Melakukan pembayaran dengan non tunai sebetulnya sudah umum dilakukan sejak jauh-jauh hari. Terutama semenjak Pemerintah Indonesia memberlakukan Gerakan Nasional Non Tunai [GNNT] pada tahun 2014 lalu, transaksi non tunai itu memang semakin mudah dilakukan lho. 

Sebenarnya, pembayaran non tunai itu terdiri dari apa saja sih? Ada banyak, Commuters. Dari jenisnya saja, pembayaran non tunai dibagi sebagai berikut: berbasis warkat [paper based], berbasis kartu [card based] dan elektronik [electronic based]. Untuk berbasis warkat, contohnya itu seperti cek, bilyet giro, dan nota debet. Sementara untuk berbasis kartu dan elektronik, macamnya ada kartu kredit, kartu ATM/Debit, kartu prabayar [prepaid], dan uang elektronik [e-money].

Buat kebanyakan orang, pemakaian non tunai berbasis warkat mungkin nggak begitu umum digunakan. Tetapi untuk pemakaian non tunai berbasis kartu dan elektronik sudah semakin banyak dipakai orang. Alasannya bisa karena pemakaiannya yang mudah, praktis dan menghemat waktu. Contohnya nih, yang belakangan ini lagi marak digunakan, pemakaian e-money sebagai e-toll untuk membayar tol. Kamu hanya perlu menempelkan kartu e-money di GTO [Gerbang Tol Otomatis] and you’re free to go!

Jadi, sudah tahu kan macam-macam pembayaran non tunai. Mungkin aja setelah baca artikel ini, kamu ikutan jadi generasi cashless alias non tunai yang nggak perlu dompet lagi. [][teks @cha2nisya/blogspot.com | foto pexels.com, freepik.com]