Ragam Teh dari Penjuru Dunia
Lifestyle

Ragam Teh dari Penjuru Dunia

by Andiska
Mon, 13-Nov-2017

Kamu suka ngeteh? Suka yang dingin, atau panas? Suka yang manis, atau asin? Jangan heran Commuters, salah satu negara yang akan kami bahas, punya kebiasaan minum teh dengan campuran garam dan mentega. Penasaran ada teh dari mana saja? Simak yuk, siapa tau salah satunya yang kamu suka.


1. MOROCCO

Morocco punya Touareg Tea atau dikenal dengan sebutan Teh Mint Magrebi dengan campuran mint, daun teh hijau, dan sedikit gula. Kamu harus meminumnya sebanyak 3 kali. Karena, teh asal maroko ini memiliki after taste yang berbeda tiap tuangannya. Commuters mau coba?

2. TIBET

Po cha, itulah nama teh tradisional dari Tibet. Commuters yang biasa minum teh pait atau manis kayaknya harus rasain sensasi teh yang dibuat dengan merebus batu bara teh hitam berjam-jam dengan susu, garam, dan mentega. Penasaran nggak?

3. INDIA

Di India ada Chai Tea yang di dalamnya terdapat campuran bumbu seperti kayu manis, jahe, pala, cengkeh, kapulaga, dan lada. Teh hitam yang rasanya pedas ini sangat populer dan selalu dijadikan suguhan untuk tamu.

4. ARGENTINA

Yerba Mate adalah ramuan "teh" yang sering disebut "minuman para dewa," ini adalah minuman wajib orang Argentina sejak zaman dahulu. Secara tradisional, Yerba Mate dihidangkan tanpa pemanis, kini gula atau madu mulai dicampurkan ke dalam teh ini. Hmm.. Mantap!

5. RUSIA

Teh Zavarka dari rusia ini adalah konsentrat teh dari daun yang langsung diseduh dalam wadah yang disebut samovar. Teh ini sangat pahit dan memiliki rasa yang kuat, cara meminumnya pun cukup tuangkan teh nya sedikit kemudian tambahkan air dan gula. Kabarnya, untuk menghidangkan teh ini harus ditemani cookies atau biskuit. Kalau tidak, ngetehmu nggak sah!

6. CHINA

Teh Gongfu adalah teh paling rumit dan melalui proses yang sangat panjang. Ritual minum teh di China juga sangat unik, selain melibatkan banyak alat tradisional seperti tureen, saringan, penjepit, handuk teh, nampan, cangkir dan poci dengan design ukiran khas china. Peserta ritual juga harus mengendus daun teh sebelum menyeduhnya. Kemudian proses penuangan juga diatur dalam satu gerakan dan tinggi yang dilakukan berulang-ulang. Keren..

7. THAILAND

Tradisi minum teh di Thailand sebenarnya unsur budaya Tiongkok yangi masuk ke Thailand. Kemudian Teh kuning asal Thailand atau Cha Yen menjadi unik dengan inovasi campuran susu kental, dan rempah-rempah seperti kayu manis, asam jawa, dan jeruk, disajikan di atas es. Hmm.. Sepertinya nikmat Commuters..

8. TAIWAN

Bubble Tea asal Taiwan mungkin sudah jadi minuman yang ngetrend di kalangan remaja. Teh yang asalnya dari cina kemudian dicampurkan dengan bola-bola yang dibuat dari tepung tapioka ini ternyata sudah ada sejak 1988 lho Commuters.. Kemudian, berkembang denganragam rasa dan topping sebagai campurannya.

9. JAPAN

Punya 3 jenis teh, yaitu Chanoyu, Sado, atau Ocha. Dahulu, ketiganya butuh upacara yang lumayan menyita waktu terlebih dahulu untuk meminumnya. Kalo sekarang sih, kamu bisa menikmati ocha di gerai-gerai sushi terdekat. Siapa yang suka?

10. PAKISTAN

Noon Chai adalah teh pink asal Pakistan dengan campuran pistachio, kacang almond, garam, susu, dan rempah-rempah seperti kapulaga, dan kayu manis. Noon Chai biasanya dinikmati dengan kue kering seperti sheermaal, kandir tchot, bakarkhani, dan kulcha. 

11. INGGRIS

Biasanya acara minum teh dilakukan di sore hari atau yang lebih dikenal dengan Afternoon Tea. Teh disajikan dengan sandwich dan kue-kue kecil sebagai pelengkapnya. Commuters udah pernah belum? Afternoon Tea yuk!

12. HONG KONG

Biasa menjadi minuman andalan saat dinner, pembuatan Pantyhose Tea membutuhkan waktu 10-20 menit. Menu paket dinnernya dikenal dengan Cha Chaan Teng. 

13. IRAN

Negara ini punya teh pait dengan rasa yang sangat kuat. Konon katanya, teh yang sengaja diinapkan selama satu hari ini tidak akan manis meskipun kamu menambahkan gula di dalamnya. Yang suka teh pahit mana suaranya?

14. MALAYSIA

Minuman khas negara Asia Tenggara ini mengandung teh hitam, gula, dan susu kental. Yang bikin menarik, teh ini punya tekstur busa yang dihasilkan dari cara pembuatannya yang dituangkan bolak-balik dari cangkir satu ke cangkir lainnya selama beberapa kali. Hmm.. Mantap.


Teh mana aja yang sudah pernah Commuters coba? [][teks @andiskaraf/mentalfloss.com | foto pexels/mentalfloss.com]