Transaksi Tanpa Perlu ke Bank
Lifestyle

Transaksi Tanpa Perlu ke Bank

by Irani
Tue, 28-Nov-2017

Punya rekening bank sudah jadi keharusan untuk sekarang ini. Kalau kamu belum punya, mendingan buka tabungan sekarang deh. Soalnya fasilitas dari bank sudah semakin banyak yang memudahkan kita.

Awalnya memang harus ke bank dulu untuk membuka rekening. Tapi setelahnya kamu bisa transaksi perbankan tanpa perlu ke bank lho! Semua itu karena internet dan jaringan nirkabel yang bernama Electronic Banking [e-Banking]. Ada beberapa layanan dari e-Banking ini, yaitu Internet Banking [i-Banking], Mobile Banking [m-Banking], dan SMS Banking.

Persamaan dari ketiga layanan itu: kamu bisa transfer dana, lakukan pembayaran, cek saldo dan informasi kartu kredit. Tapi masing-masing punya kelebihan nih.

#1 i-Banking

Layanan ini paling unggul di antara yang lain. Kamu bisa mengaksesnya dari mana aja yang penting ada koneksi internet. Terus sistem pengamanannya juga berlapis. Salah satunya, perlu token untuk lakukan transaksi.

#2 m-Banking

Kalau layanan ini, hanya bisa dipakai di ponsel melalui aplikasi dan berfungsi pada kartu SIM yang didaftarkan. Fasilitasnya memang terbatas, tapi lebih mudah karena ada di ponsel.

#3 SMS Banking

Layanan ini memang paling sedikit fasilitasnya dibanding yang lain. Tetapi kelebihannya, kamu bisa gunakan tanpa internet. Cukup dengan tarif pulsa aja, sudah bisa transaksi.

Tuh kan, sekarang serba praktis bisa transaksi apa aja dan dari mana aja. Kamu bisa pilih yang sesuai kebutuhan. Kira-kira pilih yang mana, Commuters? [][teks @cha2nisya/liputan6.com | foto freepik.com, krungsri.com]