Inilah Rahasia Bra
Lifestyle

Inilah Rahasia Bra

by Pohan
Thu, 28-May-2015

Bra berasal dari pergeseran kata “beha” dari bahasa Prancis, brassiere. Di Indonesia nama populer pakaian dalam wanita ini, kutang atau beha [kependekan dari kata Belanda, Buste Houder]. Fungsi utama bra untuk menjaga payudara agar tidak kendur.

Mitos tentang penggunaan bra pun berkembang di masyarakat:

Pertama, penggunaan bra saat tidur tidak baik untuk kesehatan. Menurut ahli bedah Dr. Amber Guth, tidak ada bukti bahwa tidur mengenakan bra baik atau justru buruk untuk kesehatan. Meski begitu, bra membuat tidur seseorang menjadi tidak nyaman karena bahan bra terbuat dari tekstur agak kaku.

Kedua, menggunakan bra bisa membuat payudara kencang. Tapi menurut penelitian Jean-Denis Rouillon, bra justru bisa membuat payudara mengendur. Sang profesor menghabiskan 15 tahun mempelajari payudara dari 330 wanita usia 18-35 tahun. Hasil studinya menunjukkan wanita yang memakai bra selama 30 tahun malah tidak mendapatkan hasil dan manfaat kesehatan.

Ketiga, mengenakan bra membuat payudara terlihat sama besar. Ini pernyataan yang salah. Survei di Inggris mengatakan bahwa 99 persen wanita memiliki ukuran payudara kanan dan kiri yang berbeda. Ini membuat 40 persen wanita yang mengenakan bra dengan satu cup berukuran dua nomor lebih besar dari yang satunya.

Keempat, bra bisa menyebabkan kanker payudara. Lu Chen dari Fred Hutchinson Cancer Research Centre mengatakan, tidak ada hubungan antara penggunaan bra dengan kanker payudara. Kemungkinan sebagian wanita yang terbiasa memakai bra hanya merasa aman dan nyaman.

Setelah membaca mitos di atas apa saja yang perlu diperhatikan tentang penggunaan bra? Cek langsung di bawah ini:

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Pilih bra yang terbuat dari bahan yang lembut seperti katun untuk aktivitas harian. Gunakan sports bra untuk menyelamatkan payudara dari guncangan atau saat memakai kebaya gunakan bra tanpa tali.

2. Jangan Tergoda Merek atau Model

Model bra ada bermacam-macam, dari yang unik sampai yang terlihat biasa saja. Sebelum membeli, ada baiknya kita mencoba di kamar ganti agar bra tersebut benar-benar nyaman dipakai.

3. Perawatan

Sangat dianjurkan bagi yang mengganti bra setiap hari, tanpa terkecuali. Untuk mencucinya, cukup rendam bra dalam campuran sabun dan air hangat. Jangan dikucek/diperas/disetrika tapi cukup ditepuk-tepuk lalu remas, dan cara mengerikannya diangin-anginkan.

4. Masa Pemakaian

Jika perawatannya benar, usia bra bisa sampai 6 bulan dan ganti bra dengan yang baru jika sudah terasa longgar, muncul bau tidak sedap, atau kawatnya berubah bentuk. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto dok. textileapparelnews.com, fionaoutdoors.co.uk]