}
Konsumsi Kopi Bikin Umur Panjang
Lifestyle

Konsumsi Kopi Bikin Umur Panjang

by Intern 2
Mon, 16-Jul-2018


Bagi pecinta kopi, rasanya sehari tanpa megonsumsi kopi akan terasa berbeda. Namun, di balik kegemaran menikmati kopi ternyata bisa bikin umur lebih panjang.

Melansir dari CNN Health, dalam penelitian observasional baru yang melibatkan hampir 20.000 orang, menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kopi setidaknya empat cangkir setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 64% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi kopi.

"Kopi penuh dengan antioksidan. Banyak yang terjadi secara alami antioksidan yang ditemukan dalam biji kopi, sementara yang lain dibuat selama proses pemanggangan. Ini senyawa yang menghubungkan sains dengan efek positif dalam mengurangi risiko beberapa penyakit" kata Joe DeRupo, juru bicara National Coffee Association.

Pengurangan risiko ini lebih signifikan setelah seseorang mencapai usia 45 tahun.

Temuan ini menggemakan hasil terbaru dari penelitian observasional besar lainnya yang menemukan bahwa peminum kopi tampaknya hidup lebih lama, terlepas dari apakah mereka mengkonsumsi kopi biasa atau kopi tanpa kafein.

Kopi juga telah terbukti mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit hati, kanker kolorektal, Alzheimer dan kanker kulit. [][teks @yolabonnita/cnn.com | foto cnn.com, nutritionadvance.com]