Cara Membuat Secangkir Kopi Sempurna
Lifestyle

Cara Membuat Secangkir Kopi Sempurna

by Pohan
Thu, 13-Aug-2015

Sutradara film asal Amerika, David Lynch mengatakan, “Even bad coffee is better than no coffee at all”. Dengan kata lain, hidup ini akan terasa hambar tanpa meminum kopi. Apakah Anda setuju?

Katie Carguilo, pemenang US Barista Champion 2012 membeberkan cara membuat secangkir kopi yang nikmat. Cek langsung di bawah ini:

1. Peralatan membuat kopi harus bersih. Menurut Carguilo, rasa kopi yang kuat harus didukung peralatan yang tepat. Misalnya, dengan menggunakan dripper manual untuk menyaring minyak dan endapan.


2. Air berpengaruh terhadap kualitas kopi. Gunakan air yang sudah disaring atau air mineral yang dijual dalam kemasan botol. Hindari air yang berbau/berwarna, dan mengandung klorin.

3. Jangan menyeduh serbuk kopi lebih dari satu kali. Usahakan menggiling biji kopi setengah jam sebelum membuatnya agar cita rasa kopi tetap terjaga dan mencegah tidak terlalu pahit.

4. Ciptakan takaran yang sesuai. Perbandingannya harus pas, misalnya untuk menyeduh 16 ons kopi [dua cangkir besar], menggunakan 5 sendok makan [atau 28 gram] kopi dan 16 ons air.

5. Kuasai cara menuang kopi [brewing time]. Jika memakai drip system, waktu yang diperlukan kurang lebih sekitar 5 menit.

Nah, ini tips n' tricks-nya:
1. Siapkan air panas dalam cerek. Lapisi mug dripper dengan kertas filter. Siram filter dengan air panas untuk menyingkirkan debu kertas dan untuk memanaskan kerucut.

2. Letakkan bubuk kopi pada filter yang besar.

3. Setelah air mendidih, tunggu 10 detik untuk menyelesaikannya. Tuangkan air panas perlahan [dalam gerakan melingkar].

4. Biarkan kopi mekar dalam jeda 30 detik hingga terlihat  menggelembung.

5. Tuang lagi, dan tunggu beberapa saat hingga air menetes melalui dripper tersebut. Ulangi proses ini sesuai jumlah seduhan kopi yang Anda inginkan. [][teks @pohanpow/realsimple.com | foto @pohanpow, prima-coffee.com]