LINIFIKSI: Fiksimini Yus R. Ismail
LiniFiksi

LINIFIKSI: Fiksimini Yus R. Ismail

by LiniFiksi
Mon, 29-Aug-2016

Ronda

Maling itu berlari ke arah pos ronda. Tentu saja warga mengepungnya. Buk-bek buk-bek buk-bek buk-bek. Creb! Terkapar. Mandi darah. Mati. “Sialan luh! Mencuri tidak mengaku! Banyak dosa tidak mau tobat!” kata pemimpin warga.

Sejak itu di pos ronda tidak ada yang meronda. Pos ronda itu jadi angker. Katanya, suka ada yang gentayangan.
Saya, saya sendiri, sering menatap dari kejauhan. Menatap jasad sendiri yang sedang melamun di pos ronda, sendirian, sesekali menyeka air matanya yang jatuh dari pipi.

Bila Dunia Berubah

Konon, dunia ini akan berubah, termasuk para penghuninya. Ada seorang manusia yang tidak mau dirinya ikut berubah. Dia masuk ke dalam sebuah gua dan berdoa. Tuhan mengabulkan doanya dengan membuat tidur orang itu. Tentu saja, orang tidur tidak bisa dipengaruhi untuk berubah.

Suatu hari orang itu bangun, lalu dia menuju kota yang ramai. Di pinggir kota, banyak orang yang memandang aneh kepadanya.

“Orang gila...! Orang gila...!” kata orang-orang sambil berjoget. Entah siapa yang memulainya, ada yang melempar batu. Orang itu berlari tunggang langgang. Orang-orang mengejarnya sambil bersorak ramai.    
Orang itu kembali lagi ke dalam gua. “Ya, Tuhan,” gumamnya. “Di mana sekarang tempat saya di bumi ini?”

[][ilustrasi gambar @riansaputra | foto dok pribadi Yus R. Ismail]


Yus R. Ismail menulis fiksi dan nonfiksi. Beberapa cerpennya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Cerpen-cerpennya pernah dipublikasikan di Kompas, Media Indonesia, Republika, Koran Tempo, Tribun Jabar, Pikiran Rakyat, Kedaulatan Rakyat, Suara Merdeka, Lampung Pos, Bangka Pos, Padang Ekspres, Banjarmasin Pos, Suara Karya, Matra, NOVA, Citra, Horison, dsb.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Silakan kirim karya puisi atau fiksimini kamu ke linifiksi@linikini.id. Jangan lupa, sertakan biodata singkat dan foto menarik. Karena ada honornya, jadi cantumkan juga nomor rekening bank dan nomor telepon atau email yang bisa dihubungi pada naskah yang siap kamu kirim. Selamat berkarya! []