}
Cewek Berpengaruh dalam Sejarah Rock
Musik

Cewek Berpengaruh dalam Sejarah Rock

by Yogira
Tue, 15-Sep-2015

Rock selalu identik dengan maskulitas cowok. Tentu itu pemahaman salah. Toh, kalau dirunut sejarahnya, cewek pun berperan penting dalam perkembangan sejarah musik rock.

Pada akhir tahun '60-an, muncul Grace Slick dan Janis Joplin, yang merangsang cewek lain berkiprah dalam kancah musik rock.

Sepanjang tahun '70-an dan awal '80-an semakin banyak cewek menjadi bintang rock, seolah membuka jalan bagi cewek lainnya untuk bermain dalam genre tersebut.

Malah, sebagian musisi rock cewek berpengaruh besar pada band-nya juga di industri musik pada umumnya. Mereka tidak hanya unggul sebagai penulis lagu dan penyanyi, tetapi berhasil juga memanggungkan musik yang berkualitas.  

Berikut adalah daftar cewek paling berpengaruh dalam sejarah musik rock, menurut versi about.com.

Pat Benatar

Semula dia karyawan bank, tapi nekad terjun ke arena musik rock. Cewek ini layaknya meteor, yang melesat cepat jadi rocker. Album pertamanya In the Heat of the Night sangat sukses. Sejak itulah dia kian populer dengan lagu-lagunya.

Chrissie Hynde

Pada tahun '70-an, Hynde kerap gagal membentuk band permanen. Namun kesialan itu terbayar ketika dia mengirimkan sepaket lagu demo pada label rekaman. Lalu Hynde membentuk band The Pretenders. Debut albumnya pada tahun 1979 menjadi gelombang baru rock era '80-an.

Joan Jett

Dia menuai sukses pada paruh tahun '70-an, bersama band The Runaway. Tak puas, Jett membentuk grup band Blackheart. Album pertamanya, I Love Rock ‘n Roll [1981] mengantarkannya sebagai musisi sukses, baik sebagai vokalis, gitaris, penulis lagu, maupun produser.

Janis Joplin

Inilah salah cewek rocker inovatif pada era '60-an. Pengaruh musik folk dan blues menjadi energi setiap penampilannya di panggung, terutama saat tampil di Woodstock tahun 1969. Namun puncak popularitasnya harus terhenti pada tahun 1970 setelah tewas karena overdosis obat-obatan dan alkohol.

Stevie Nicks

Cewek ini bergabung dengan band Fleetwood Mac pada tahun 1975. Dia juga bersolo karier pada tahun 1981. Nick sangat berbakat dalam menciptakan lagu. Banyak artis dari berbagai genre sudah bekerjasama dengannya, bahkan sentuhan musiknya sedikit-banyak mempengaruhi mereka.

Suzi Quatro

Nggak cuma dikenal sebagai vokalis, cewek rocker ini pun piawai juga bermain bass. Quatro mulai diperhitungkan sebagai musisi rock sejak tahun 1971 di Inggris. Di kampung halamannya, Amerika, dia pun dikenal sebagai bintang televisi, Happy Days.

Grace Slick

Saat tampil di panggung, terkadang Slick tampil topless kalau cuaca panas. Dia juga dianggap sebagai salah satu pelopor psychedelic rock. Lagu ciptaannya, "White Rabbit" dan "Somebody to Love” banyak disukai pada zamannya.

Patty Smith

Cewek ini dijuluki 'Godmother of Punk'. Talentanya dalam bermusik dan mencipta lagu mempengaruhi beberapa musisi dan band ngetop, di antaranya: U2, Michael Stipe [R.E.M], Shirley Manson [Garbage], Sonic Youth, dan The Smith. Kini dia  dikenal sebagai pengarang buku, penyair, dan aktivis sosial.

Nancy & Ann Wilson

Dua cewek bersaudara ini dianggap atraktif ketika memainkan musik rock di panggung. Setelah debut albumnya bertajuk Dreamboat Annie [1975], Ann sendiri mengeluarkan 10 album setiap dekade.

[][teks @firza | sumber & foto about.com, rollingstone.com, mousailink.com]