}
Masih Naif dari Tahun 1995
Musik

Masih Naif dari Tahun 1995

by Pandu
Fri, 23-Oct-2015

Tahun 2005, Naif merayakan usianya ke-10 dengan merilis album Best Of. Tahun ini, tepatnya pada 22 Oktober 2015, Naif menginjak usia ke-20.

Naif memang belum punya massa sebesar Glenn Fredly untuk membuat konser tunggal besar di Istora Senayan. Mereka juga nggak se-perlente SID yang merayakannya di sebuah kapal pesiar sambil keliling Teluk Benoa. Namun Naif punya cara tersendiri untuk merayakan ulang tahun ke-20.

David, Pepeng, Emil, dan Jarwo memilih merayakan ultahnya dengan manggung sederhana di depan Sahabat Naif. Tanpa jarak. Tanpa pagar pembatas. Tanpa sekuriti yang membarikade. Di antara ratusan orang yang hadir malam itu, mungkin ada segelintir yang ikut menyaksikan karier Naif sejak tahun pertama. Barangkali mungkin mereka akan bilang seperti ini, “Naif banget yang kayak begini, kayak dulu waktu masih manggung di kampus.”

Di atas level yang tingginya tidak lebih dari 30cm, David berucap, "Apalah Naif tanpa kalian. Makanya, bikin panggung yang segini. Kami nggak ingin lebih tinggi dari kalian. Kita semua sama rata.”

Ulangtahun dibuka dengan lagu lawas “Piknik ’72” lalu dilanjutkan dengan “Johan & Enny”. Selebihnya, Sahabat Naif dibiarkan memilih lagu yang ingin mereka dengar. Tidak ada set list lagu apalagi konsep manggung. Dibiarkan mengalir semau mereka. Spontanitas gila itu menunjukkan bahwa David, Pepeng, Emil, dan Jarwo hafal banget 10 album yang mereka lahirkan.

Kacau? Nggak. Set list lagu jadi seperti perjalanan cinta tokoh "Johan & Enny" dari mulai pacaran sampai menghadapi lika-liku pernikahan. Jikalau bersahutan dengan "Nyali". Lalu "Rumah yang Yahud", "Uang", dan "Televisi". Ada semacam plot cerita dari spontanitas Naif dan Sahabat. Sesuatu yang mungkin nggak bisa di dapat dari Glenn Fredly atau SID.

20 tahun berarti masih remaja, baru mahasiswa atau masuk kerja. Tentu saja masih gila dan membara..“Kami masih akan merayakan ulangtahun sampai ke 750.000!” tutup David. [][teks & foto @HaabibOnta]