}
Gavvat Darvrath untuk Palembang
Musik

Gavvat Darvrath untuk Palembang

by Pohan
Sun, 08-Nov-2015

Polusi udara makin hebat di Ibukota, seiring volume kendaraan yang terus bertambah. Udara pagi yang kita hirup sampai tidak lagi melegakan nafas, jauh dari kondisi segar.

Lantas, bagaimana dengan asap yang tengah menyelusup ke organ tubuh penduduk di Palembang beberapa waktu ini? Semoga mereka ikhlas menghadapi keegoisan sesamanya [Kabarnya, asap yang muncul diperkirakan akibat pembakaran hutan secara sengaja].

Melihat kondisi tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap korban asap Palembang yang sebagian besar adalah anak-anak, tercetuslah gig solidaritas bertitel "Gavvat Darvrath" #RockMelawanAsap di Borneo Beer House, Kemang Selatan, Jakarta, Kamis [05/11].

Gavvat Darvrath menampilkan total 6 band yang berasal dari Jakarta dan kota lainnya. Dental Surf Combat membuka panggung malam itu dengan membawakan 8 lagu. Tak lama kemudian, panggung diambil alih Sextoy.

Semua yang berada di baris depan asyik bernyanyi, moshing, dan berfoto-ria. Apalagi saat trio rock yang sedang hangat jadi perbincangan, Kelompok Penerbang Roket beraksi. Lagu "Dimana Merdeka?" pun masuk dalam setlist-nya.



Menjelang penghujung acara, giliran Morfem. Jimi Multhazam cs ini tak kalah liar. Lagu teranyar, "Jungkir Balik" pun dibawakan. Acara yang dimulai sekitar pukul 8.30 malam ini ditutup penampilan Kelelawar Malam dan Speak Up.

Menurut informasi terakhir, dana sumbangan dari setiap kepala yang hadir di acara ini terkumpul sekitar Rp. 1,5 juta, yang kemudian digunakan untuk membeli obat-obatan dan keperluan kesehatan lainnya.

Nantinya, seluruh hasil donasi dari acara tersebut akan diserahkan langsung kepada komunitas Food Not Bombs di Palembang yang mendistribusikan bantuan ke daerah-daerah yang dituju, terutama pemukiman sederhana di sepanjang aliran Sungai Musi. [][teks & foto @pohanpow]