}
Musik

Kaveh Kanes Bicara Soal Takdir

by Pohan
Mon, 09-Nov-2015

Ini bukan kedai kopi spesial di Lárisa, Yunani melainkan trio asal Yogya yang memiliki nama sama, Kaveh Kanes. Mereka baru saja merilis video musik sekaligus single kedua berjudul "Tiger in Your Tank”.

"'Tiger in Your Tank' adalah momen saat seseorang yang sedang berdiri di persimpangan jalan menyadari bahwa ada sebagian atau bahkan seluruh dari dirinya yang telah berubah, yang pada akhirnya memaksa orang tersebut untuk segera memilih satu di antara dua jalan yang ada di depannya," terang Asad, vokalis dan penulis lirik dalam press release yang diterima LINIKINI, Jumat [06/11].

Asad menambahkan, pada saat orang tersebut telah memilih jalan dan memulai langkahnya, maka akan datang suatu hal teramat besar yang seperti memaksa masuk ke dalam dirinya yang kelak akan ia sadari sebagai takdir.

Pemaknaan itu kemudian diterjemahkan Asad bersama Smita Kirana dan Ratta Bill dari bedchamber ke dalam sebuah video klip yang menampilkan kolase visual dari adegan-adegan yang terkesan acak, abstrak, dan tidak saling berkaitan satu sama lain. Smita menjelaskan bahwa sebenarnya setiap adegan adalah simbol dan analogi-analogi dari berbagai kejadian serta sifat-sifat manusia di sepanjang kehidupannya.

Video dibuka dengan adegan memecahkan telur di kepala. Kemudian diikuti oleh kisah sepasang pria dan wanita muda, hingga gadis yang sebatang kara di dalam hutan. Video ini juga sekaligus menawarkan tantangan bagi para penontonnya untuk ikut membaca dan memaknai setiap gambar yang ada ke dalam interpretasi masing-masing sehingga memungkinkan terciptanya kisah-kisah lain yang lebih personal.

Menariknya, video ini sepenuhnya dikerjakan secara swadaya selama dua pekan pada September 2015 lalu. "Tiger in Your Tank” merupakan lagu pembuka album penuh perdana Kaveh Kanes bertitel Capital yang berisi total 8 lagu. Album mereka akan dirilis dalam format CD dan digital pada 27 November 2015 oleh Kolibri Rekords. [][teks @pohanpow/PR | foto PR]