}
Jiwa yang Berani Che dan Robi
Musik

Jiwa yang Berani Che dan Robi

by Pandu
Thu, 03-Dec-2015

"Masak iya kita udah bikin buku tentang proses kreatif lagu sampai jadi album, tapi nggak bikin lagu sama sekali?" tegas Che Cupumanik ketika pesta rilis buku Rock Memberontak.

Pertanyaan sederhana itu lalu membawa Che terbang menempuh jarak jauh dari Jakarta ke Bali. Di sana ia menghabiskan waktu dua hari semalam untuk menggarap lagu bersama Robi Navicula.

"Nggak mungkin kalau cuma tukar materi lewat WhatsApp atau Face Time. Kami mesti ketemu. Pikir gue, biar lagu ini dapet chemistry-nya,"tambah Che.

Di sana Che dan Robi dibantu Ian [Zat Kimia] sebagai sound engineering. keduanya bertukar ide serta pemikiran, di studio yang biasa dipakai menginap Robi sewaktu bujangan.

Awalnya konsep lagu ini berbentuk akustikan, sebelum Ian berkata lain. "Cuma dia yang berani dan kita mengiyakan, hahaha," kata Che bercerita sehari sebelum perilisan buku.

Konsep akustik pun bergeser jadi format band dengan bass dan drum. Che mencari inspirasi lirik di dalam toilet. Sementara Robi di atas kasur.

Dalam waktu satu kali 24 jam, lahirlah lagu baru berjudul "Jiwa yang Berani". Masih mentah, belum masak di proses mastering. Biar begitu, kerangka lagunya sudah tegap dan kuat. "Kita sudah kenal lama, tapi baru ini bikin lagu bareng," ujar Che.

Ini sedikit petikan lirik lagu “Jiwa Yang Berani”:

Mimpi menjadi Api,

Hanyalah untuk jiwa yang berani

Cinta yang tak pernah beku

bersemayam dekat dengan jantungku.

"Jiwa Yang Berani" diperdengarkan perdana ke publik saat pesta peluncuran buku Rock Memberontak. Dibawakan dalam format akustik. Kalau mau mendengar format live, sabar tunggu tanggal sebarnya ya. [][teks & foto @HaabibOnta]