}
Zealspeaks Rilis Album & Tunda Pembajakan
Musik

Zealspeaks Rilis Album & Tunda Pembajakan

by Pohan
Fri, 04-Dec-2015

Zealspeaks akhirnya resmi merilis album perdana, self-titled pada 28 November 2015 melalui iTunes. Bukan tanpa alasan album tersebut lebih dulu beredar dalam format digital. Trio rock asal Bandung beranggotakan Danny Maretta, Toba Manurung, dan Dimas Arditya ini mengutamakan digital dalam rangka menunda pembajakan.

Mereka sengaja merilis album dalam format iTunes terlebih dahulu supaya nggak langsung dibajak. Meski begitu, mereka nanti tetap mengeluarkan versi digital store lainnya.

"Lagipula digital nggak langsung keluar produksi gede seperti fisik. Selain itu, kalau rilis digital, orang bisa segera membeli. Contohnya gue WA [WhatsApp] or posting di media sosial, teman-teman kita bisa langsung punya," kata Toba.

Ada yang menarik dari album berisikan 10 nomor ini. Toba mengatakan, dua lagu tahun 2000, yang  berjudul "Living Love" sama "Daydreaming" dimasukan pada albumnya sejak dia nge-band bersama Danny. 

"Living Love tidak mengalami perubahan besar dari versi pertamanya. Sama-sama akustik walaupun sempat dibuat versi full band- nya. "Daydreaming" awalnya juga akustik. Sempat dibikin full band tapi kebanyakan synth. Trus dirubah lagi dan cocok untuk album Zealspeaks,” jelas Toba.


Pasca album Zealspeaks rilis, mereka merasa sangat lega dan puas pada hasil garapannya. Pasalnya mereka sudah tepat memilih studio rekaman, juga sound engineer yang cocok. Mereka juga puas bekerja sama dengan  Indra Severus Adhikusuma, yang menangani mixing dan mastering.

"Orgasme. Kalau laku, multiple-orgasm. Yang pasti, kita semua seneng banget karena kami rekaman di studio yang bener, ” ungkap Toba.

Toba menyebut Studio Massive yang jadi tempat rekaman album kini sudah tutup. Namun bagi  Zealspeaks itu sangat spesial. 

"Kami band pertama yang take pertama di situ dan Zealspeaks band terakhir yang take untuk album. Sekarang Studio Massive tutup,” tambahnya.

Album perdana Zealspeaks telah menelurkan dua single "Split Mind" dan "Televisi Mimpi". Pemlihan single berikutnya masih dirahasiakan. CD album self-titled mereka ditargetkan rilis Februari 2016. [][teks @pohanpow | foto dok. Zealspeaks/Adit Shorea]