}
Konser Bimbo: Kado Nostalgia Indonesia
Musik

Konser Bimbo: Kado Nostalgia Indonesia

by Yogira
Sun, 20-Dec-2015

Jangan mengaku pencinta musik Indonesia kalau tak mengenal Bimbo. Inilah grup vokal legendaris asal Bandung, yang dibentuk pada tahun 1967. Anggotanya adalah Samsudin "Sam" Hardjakusumah, Darmawan "Acil" Hardjakusumah, Jaka Purnama Hardjakusumah, dan Parlina "Iin" Hardjakusumah.

Dua tahun lagi, Bimbo akan menapaki usia emas. Lagu-lagunya  terus melekat dalam perjalanan musik Indonesia hingga kini. Nah sebagai ancang-ancang menyambut usianya emasnya, mereka menggelar konser bertajuk “Indonesia Menyanyi Bimbo” di  Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Kamis [17/12].

Aku cinta, Anda cinta, semua cinta buatan Indonesia..ooooowww..

Pilihanku hanya satu, buatan Indonesia…

Itulah petikan lirik lagu "Aku Cinta Buatan Indonesia", yang mengiringi pembukaan layar panggung konser Bimbo. Iringan lagu ini sempat populer jadi lagu pembuka acara Apresiasi Film Indonesia tahun '80-an.

Lagu tersebut seolah jadi penanda bahwa konser Bimbo kali ini semacam kado untuk Indonesia. Semua lagu nostalgia Bimbo pada konsernya itu dipersembahkan untuk siapa saja yang mencintai Indonesia. Dalam iringan musik Purwacaraka Orkestra, lagu-lagu Bimbo pun mengalun bergantian dinyanyikan sejumlah penyanyi.

Bimbo memulai konser dengan lagu "Balada Seorang Biduan", lalu berlanjut dengan medley: "Romantika Hidup", dan "Pacarku Manis". Gelak tawa penonton terdengar kompak ketika Iin Parlina sedikit memplesetkan sedikit lirik pada "Romantika Hidup" dengan kata “minta saham”.

Berikutnya yang menyanyikan lagu-lagu Bimbo adalah: Dita the Voice, Vina Panduwinata, Farman Purnama, Ghaitsa Kenang, Candil, Andrea Miranda, Sandhy Sandoro, juga penampilan iringan petikan harpa dari Maya Hasan. Nyaris, semua penyanyi ini tampil memukau.

Lagu-lagu Bimbo yang paling populer tentu saja mendapat aplaus paling bagus. Misalnya lagu: "Citra", "Flamboyan", "Tuhan", "Tante Sun", "Melati dari Jayagiri", dan "Sendiri". Yang paling menggetarkan adalah ketika Maya Hasan memetik harpa dengan lembut sebagai pembuka lagu "Tuhan", yang dinyanyikan Farman Purnama dan Andrea Miranda. Saat itu, para penonton seolah tenggelam dalam lautan spiritualitas, seolah dalam ruang permenungan dekat dengan Tuhan.

Konser Bimbo kali ini didukung juga oleh penata musik tamu yang sudah berpengalaman. Mereka adalah: Bubi Iradiadi Sutomo, Yoes JF, Imam Praseno, dan Erwin Badudu. Tak lupa juga penampilan  menyentuh penyair Taufik Ismail ketika membacakan puisi berjudul Dengan Puisi.

Secara keseluruhan, konser “Indonesia Menyanyi Bimbo” termasuk pertunjukan langka dan berwibawa. Ini karena didukung juga dengan gedung memadai dan tata lampu menawan. Sebuah kado dari Bimbo dalam rangkaian lagu melodius, yang dipersembahkan untuk Indonesia. Selamat menyambut usia emas! [][teks & foto @firza]