}
Cerita Aneh di Balik Nama Band
Musik

Cerita Aneh di Balik Nama Band

by Pandu
Thu, 04-Feb-2016

Kalau ada yang bilang, “apalah arti sebuah nama”,  ungkapan itu sungguh tak berlaku untuk anggota band. Bagi mereka, nama band itu penting. Ibarat model yang berarti untuk menampilkan bentuk tubuh. Jika itu tak menarik, tentu tidak akan menjual.   

Cobalah tengok Kufaku. Band asal Batam ini berusaha terkenal di industri musik tapi belum kesampaian. Macam mana pula itu namanya? Bah! Tidak menegaskan apa pun.

Band besar internasional, seperti Kiss atau Led Zeppelin pun meski terdengar ‘murahan’ toh namanya menegaskan pesona band tersebut.

1. Pearl Jam

Banyak cerita di balik nama band ini. Ada yang bilang karena buyut Eddie Vedder jago bikin selai. Bisa jadi juga, arti Pearl Jam adalah selai sperma. Tapi, Eddie telah memberikan klarifikasi. Menurutnya, nama Pearl Jam dipilih setelah mereka menonton konser Neil Young.

2. Kiss

Seringkali KISS dianggap sebagai singkatan “Knights In Satan Service” [Ksatria Pelayan Setan]. Padahal menurut Paul Stanley [Gitar], nama kiss [ciuman] dipilih karena itu aktivitas berbahaya sekaligus seksi. Cerminan para anggota band.

3. Chumbawamba

Personel Chumbawamba, Danbert Nobacon suatu kali pernah bermimpi  aneh. Dalam mimpi itu, ia ingin pipis, tapi tanda toiletnya bertuliskan “Chumba” dan “Wamba”. Bukan “women” dan “men”. Dari situlah inspirasi nama band anarcho post punk ini.

4. Savage Garden

Memberi nama band karena terinspirasi dari judul buku, itu hal yang lumrah. Menariknya, duo pop asal Australia yang telah menjual 25 juta kopi album ini mengambil nama Savage Garden dari judul novel horor erotis.

5. Duran Duran

Pada tahun 1960 ada satu film erotis Jane Fonda yang amat terkenal, judulnya Barbarella. Salah satu tokoh film ini bernama Durand Durand. Yang membedakan pada kata “D” saja. Padahal ada nama tokoh yang lebih menjual lho, Dildano.

6. Motorhead

Nama Motorhead sebenarnya tidak cocok untuk band ini, terutama perangai pentolannya, Lemmy. Motorhead dalam bahasa slank disebut juga "speed freak", yang mengacu pada pecandu amphetamine [narkoba]. Sementara Lemmy anti dengan narkoba. Tapi kalau filosofi bermusik sih cocok. Cepat dan agresif.

7. Led Zeppelin

Seharusnya, nama band ini Lead Zeppelin. Tapi Jimmy Page [gitaris] memodifnya jadi “Led”. Page beralasan, orang-orang Amerika akan salah mengucapkan lead karena aksen yang berbeda antara Amerika dan Inggris.

8. Velvet Underground

Band pertama Lou Reed ini seringkali dibicarakan influensialnya ketimbang kesuksesan. Ketika sedang berjalan di tengah kota New York, mereka menemukan sebuah buku dengan nama Velvet Underground, yang berisi tentang kehidupan seksual bawah tanah tahun '60-an. [][teks @HaabibOnta | sumber & foto berbagai media]