}
Duo Drum: Kolaborasi Unik Double Drummer
Musik

Duo Drum: Kolaborasi Unik Double Drummer

by Pandu
Wed, 09-Mar-2016

Banyak orang bilang, industri musik sedang lesu. Pasarnya mandek. Banyak toko rekaman yang tutup. Konsumen lebih senang membeli versi bajakan. Musisi pun jadi sulit bergerak.

Dari  segala himpitan masalah tadi, nyatanya Yoiqball dan Yandi masih luwes bergerak untuk berkarya. Dua anak muda ini berkreasi membentuk duet drum yang dinamai Duo Drum, yang sebelumnya tidak ada di tanah air. Dalam skala internasional, konsep ini pernah dilakukan oleh Phil Collins and Chester Thompson dalam grup Genesis.

Bedanya, Yoiqball dan Yandi memainkan satu set drum berbarengan. Konsep yang unik dan segar. Mungkin konsep seperti ini baru kita saja yang buat," ucap Yoiqball.

Duet ini berusaha membuat lagu dengan mengemas teknik permainan lagu tetap easy listening dan anthemic. Jadi bukan sekadar asal pamer permainan individu. Sebagai gedoran, "Duo Drum" merilis single Bergerak yang bisa diunduh gratis di website official mereka duadrum.com.

Cukup dengan membaginya di media sosial, single pertama "Dua Drum" bisa didapat gratis. “Bergerak” menggabunkan genre funk, rock dan pop jadi satu irama. Yoiqball dan Yandi dibantu Maryo [Jabalrootz] untuk mengisi divisi tarik suara.

Persoalan menjadi drummer adalah posisinya  di belakang, jadi jarang terlihat dan terekspose. Ini juga yang dialami oleh Yoiqball dan Yandi. Padahal musisi papan atas terbiasa memakai jasa mereka berdua saat manggung. Sebut saja Dewa Budjana, Tohpati, Isyana Sarasvati dan Afghan. Kini tiba waktunya bagi mereka untuk mengepak sayap.

Yoiqball mengatakan, dalam waktu dekat, ia dan Yandi akan segera merilis album perdana, yang memuat 8 trek, plus kolaborasi dengan musisi lain. Semisal Endah N Rhesa. [][teks @HaabibOnta | foto duadrum]