}
6 Festival Jazz Terbaik Dunia
Musik

6 Festival Jazz Terbaik Dunia

by Yogira
Fri, 04-Mar-2016

Demam festival jazz menular di beberapa negara, termasuk di Indonesia, yang terkenal dengan event Java Jazz Festival [JJF]. Tahun ini JJF sudah memasuki tahun ke-12. Banyak yang menilai JJF termasuk juga dalam festival Jazz terbaik dunia. Meski begitu, ada versi lain tak memasukan JJF sebagai yang terbaik. Ini cuma masalah selera.

Nah, berikut adalah 6 Festival Jazz terbaik dunia versi pascafe.com. Sayangnya, JJF nggak masuk. Taka apa lah, JJF pasti salah satu yang terbaik pada versi lainnya.

#1. Montreal Internasional Jazz Festival

Canada punya festival jazz keren. Tahun 2004, festival ini masuk Guiness World Record karena menampilkan 3.000 artis, 650 konser, dan 2,5 juta penonton.

#2. New Orleans Jazz and Heritage Festival

New Orleans Amerika memang termasuk kampung halaman jazz dunia. Mulai
blues, folk, hingga jazz standar jadi cirikhasnya.

#3. Montreux Jazz Festival

Jazz di negeri romantis seperti Swiss memang klop. Kota Montreaux selalu tumpah ruah kedatangan pencinta dan pemusik jazz selama 2 pekan.

#4. Havana International Jazz Festival

Nggak cuma dikenal dengan cerutu, Cuba pun punya festival jazz di kota Havana. Penyelengganya selalu menyiapkan panggung spektekuler.

#5. Cape Town International Jazz Festival

Ibukota Afrika Selatan ini punya festival jazz kaliber dunia dan termasuk terbesar di benua Afrika. Acaranya cuma 2 hari, biasanya akhir Maret atau awal April.

#6. Copenhagen Jazz Festival

Digelar sejak tahun 1960-an, festival di Copenhagen Denmark ini dikembangkan oleh berbagai komunitas jazz, termasuk para musisi jazz dari Amerika.

Nah, itulah 6 Jazz terbaik dunia. Sebenarnya masih ada beberapa yang terbaik, antara lain: North Jazz Festival di Belanda, Malta Jazz Festival, Jazz in Marciac, dll.

Java Jazz  sebenarnya termasuk terbaik juga karena terbilang lama dan salah satu terbesar di Asia. Sekali lagi ini karena masalah versi. [][teks @firza/pacsafe.com | foto berbagai sumber]