}
Ufuk Baru MALIQ & D'Essentials
Musik

Ufuk Baru MALIQ & D'Essentials

by Pohan
Fri, 01-Apr-2016

Tiga tahun yang lalu, album Sriwedari lahir. Setahun kemudian, album Musik Pop. MALIQ & D'Essentials [MAD] terbilang produktif bikin karya musik termasuk single "Aurora" yang mereka luncurkan bertepatan dengan HUT ke-13 tahun pada 2015. MAD tidak hanya bikin karya musik, rilis merchandise dan manggung.

Baru-baru ini mereka berkolaborasi dengan emNTWRK [Eddie Mohammad’s Network] dalam diskusi HELP: Music Edition. HELP bergerak di bawah naungan emNTWRK Social [kegiatan belajar umum bagi individual maupun grup], salah satu unit utama emNTWRK. emNTWRK Help diinisiasikan oleh Eddie Mohammad [pemimpin dan pendiri emNTWRK] dan vokalis MAD, Angga Puradiredja.

HELP: Music Edition berawal dari ketertarikan Eddy dan Angga terhadap industri musik. Diskusi yang semula terbatas pun meluas menjadi ajang berbagi pengalaman dan pengetahuan yang kemudian ditawarkan kepada Starbucks Indonesia yang memang memiliki misi untuk mendukung kreativitas publik  muda dalam ranah musik.

Perencanaan dan perumusan Help: Music Edition dimulai dengan riset singkat yang melibatkan tiap personel MAD. Risetnya semacam telaah awal perjalanan bermusik MAD hingga pencapaiannya. Hasil riset kemudian dibagi ke dalam 6 edisi HELP: MALIQ For Dummies yang digelar di beberapa gerai Starbucks Indonesia di Jakarta dan Tangerang Selatan, Oktober 2015-Februari 2016.

Selain karena beberapa anggota MAD; Angga Puradiredja, Widi Puradiredja, Arya Aditya ‘Lale', dan Ilman Ibrahim adalah peserta belajar Bahasa Inggris di emNTWRK, emNTWRK menilai MAD sebagai suatu grup musik yang tidak pernah berhenti belajar. Oleh karena itu emNTWRK menjadikan MAD sebagai figur yang patut dikedepankan sebagai mentor dan sumber informasi.
 

MAD dan emNTWRK tertarik bekerja sama dengan Starbucks Indonesia karena mereka menganggap gerai kopi Amerika ini menjadi gaya hidup yang sangat berpengaruh, dan mengetahui bahwa Starbucks Indonesia terhitung sebagai brand yang aktif melakukan kegiatan sosial; oleh karenanya, Starbucks Indonesia merupakan partner dan fasilitator yang tepat bagi kegiatan layaknya Help: Music Edition.

Angga berpendapat langkah kerjasama MAD, emNTWRK, dan Starbucks Indonesia akan membuka ufuk baru bagi MAD karena memiliki nilai yang berdampak luas.

"Lebih ke dampak rasa, orang jadi lebih penasaran. Itu menjadikan pesan yang kita sampaikan ada makna dan dampaknya,” ungkap Angga saat menghadiri Starbucks G+ account Launch & Music Collaboration with MALIQ & D'Essentials [23/03].

Peluncuran akun resmi Google+ Starbucks Indonesia dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional sebagai langkah untuk memperluas jangkauan atau hubungan Starbucks Indonesia dengan pelanggan. Selain itu, Starbucks berharap untuk membawa masyarakat luas dan komunitas bersama-sama menggunakan platform tersebut untuk berdiskusi dan berbagi passion mengenai musik dan kopi.

Simak video rekaman live MAD di Starbucks Grand Indonesia via Google+ Starbucks Indonesia. [][teks/foto @pohanpow]