}
Tuan Tiga Belas Rilis "On My Mind"
Musik

Tuan Tiga Belas Rilis "On My Mind"

by Pohan
Fri, 22-Apr-2016

Rapper Tuan Tiga Belas memperdengarkan karya musik solonya, "On My Mind” yang bernaung di bawah rumah produksi Underground Bizniz Club [UBC]. Single ini bercerita tentang kecintaan Tuan Tiga Belas terhadap sesuatu yang ia sebut "Marry Jane". Ia memberikan pendengarnya kebebasan untuk menafsirkan tema lagu tentang apa dan untuk siapa.




Tuan Tiga Belas merupakan personel R.E.P. [Rebel Education Project], band hip hop asal Jakarta yang pernah merilis mini album Letter To di bawah naungan Demajors. Ia juga mengerjakan beberapa proyek kolaborasi dengan musisi-musisi lokal, dan mengunggah karya musiknya di media sosial, seperti SoundCloud.

Hingga pertengahan 2016 mendatang, Tuan Tiga Belas bakal mengeluarkan mini album solo dalam format fisik berkat dorongan UBC.

"Pengerjaannya tinggal sisa 3-4 track lagi. Teman-teman UBC yang garap dari 0 hingga 100. Gue bikin project solo ini juga karena dijorokkin sama mereka," kata Tuan Tiga Belas kepada LINIKINI [20/04].

Berbicara soal karier bermusik, Tuan Tiga Belas terbilang konsisten. Ia tetap berada di jalur musik yang ia cintai, tak lain adalah hip hop.

"Musik lebih kayak hal yang spiritual sih. Buat gue musik itu hal paling nyata setelah cinta. Begitu gue bisa berkarya, gue punya perasaan senang luar biasa dan kalau itu dapat feedback yang baik atau bahkan sampai menginspirasi orang lain rasanya tak ternilai," imbuhnya.

Saat ditanyai pendapat soal karier seorang rapper, Tuan Tiga Belas berkomentar, "kalau gue pribadi, seorang rapper itu macam penceramah atau ustadz yang lagi tausiyah. Omongannya bakal didengar orang banyak.”

Menurut Tuan Tiga Belas, tidak sedikit rapper yang asal jeplak bikin lirik lagu. Dia menegaskan, rapper banyak juga yang menyuarakan tapi mereka belum melakukannya atau yang mereka sebenarnya nggak punya. Misalnya dia ngerap 'gue naik Ferarri, cewek gue banyak karena hip hop'.

"Nah, ini bullshit. Di indonesia belum ada rapper bisa kaya hahaha.. Jadi, agak-agak bahaya kalau orang nge-rap asal dan orang yang dengerin menganggap itu beneran. Ini yang merusak.”

Dengarkan lagu "On My Mind” via kanal YouTube dan SoundCloud UNDERGROUND BIZNIZ CLUB. [][teks @pohanpow | foto dok. UBC/Tuan Tiga Belas]