}
5 Gitaris Punk Rock Teratas
Musik

5 Gitaris Punk Rock Teratas

by Pohan
Wed, 04-May-2016

Musik punk takkan terpisahkan dari evolusi musik rock. Sejak era '70-an, punk mencuri perhatian anak band sebagai ekspresi pemberontakan terhadap repertoar musik rock yang sudah ada. Distorsi permainan gitar musisinya jadi andalan utama meski dengan chord sederhana.

Dari sekian banyak gitaris punk, ada beberapa yang dianggap terbaik. Tentu saja penilaiannya bisa subjektif, toh setiap orang memiliki penilaian berbeda tentang sosok yang ia anggap terbaik dalam genre musik tertentu.

Ketika orang bilang permainan gitar si A keren, belum tentu yang lain setuju. Nah, yang berikut ini adalah 5   5 gitaris punk rock teratas versi La Weekly:

5. Johnny Thunders [New York Dolls, The Heartbreakers]

Jika masih hidup, Juli mendatang Thunders berumur 64 tahun. Sound musik New York Dolls terbentuk dari sound gitar Thunders yang 'kabur'. Setelah New York Dolls bubar pada 1975, Thunders membentuk The Heartbreakers.

4. Greg Ginn [Black Flag]

Greg Ginn adalag pendiri, gitaris, penulis lagu utama, sekaligus anggota tetap sejak Black Flag, yang dibentuk pada tahun 1976. Permainan gitarnya dipengaruhi musik Grateful Dead dan Black Oak Arkansas.

3. Chris Hannah [Propagandhi]

Chris Hannah lebih dari sekadar gitaris pop punk. Saat album Supporting Caste dirilis, ia mengungkapkan bahwa dirinya mungkin gitaris Kanada terbesar di samping ketenaran Piggy 'Voivod'.

1 & 2. Richard Lloyd dan Tom Verlaine [Television]

Dalam daftar ini, Richard Lloyd dan Tom Verlaine nggak mungkin dipisahkan. Mereka saling mengisi di posisi gitar dengan ciri khasnya masing-masing. Apalagi pas lagu "Marquee Moon”.  [][teks @pohanpow/laweekly.com | foto dok. themusic.com.au, johnnythunders.rocks]