}
  Radiohead ‘Debarkan’ Album Baru
Musik

Radiohead ‘Debarkan’ Album Baru

by Yogira
Tue, 10-May-2016

Radiohead kembali bangkit. Sejak merilis album The King of Limbs [2011], band ini seperti mati suri. Padahal mereka sedang ‘memompa jantung’ lagu-lagunya.

Betul sekali, akhirnya mereka bisa mendebarkan lagu-lagunya yang tentu sudah lama dipersiapkan secara matang agar ‘hidup’ dan ‘mengudara’ di industri musik dunia. Maka, lahirlah 11 lagu, yang dikemas dalam album A Moon Shaped Pool. Dua lagu sudah melenggang duluan dalam tayangan YouTube, yakni: “Daydreaming” dan “Burn the Witch”.

Terbitnya album A Moon Shaped Pool, semua personel Radiohead tetap kompak dan utuh sejak mereka bersepakat mendirikan band ini tahun 1985. Thom Yorke [lead vocal, guitar], Ed O’brien [guitar], Jonny Greenwood [guitar], Colin Greenwood [bass], dan Philip Selway [drum] mengusung isu global pada album barunya ini.

Pada lagu “Burn the Witch”, mereka menyikapi persoalan SARA, termasuk berkembangnya islamphobia. Mereka menyindir orang-orang yang bersikap SARA. 

A Moon Shaped Pool akan dirilis pada 17 Juni 2016. Selain dijual secara fisik [CD dan piringan hitam], lagu-lagu pada album ini bisa dibeli melalui streaming musik secara online. 

Kiprah Radiohead dalam menelurkan album selalu ditunggu  penggemarnya sejak album mereka, bertajuk Pablo Honey [1993] laris dan mendunia berkat lagu "Creep".

Dengan albumnya yang ke-9 ini, mampuhkah Radiohead terus ‘mendebarkan’ 11 lagunya yang rata-rata bercirikhas terkesan sunyi dan murung, seperti pada album sebelumnya? [][teks @firza/berbagai sumber  | foto groovevolt.com, usatoday.com]