}
Joey Alexander Trio Nge-jazz di Panggung Berputar
Musik

Joey Alexander Trio Nge-jazz di Panggung Berputar

by Yogira
Mon, 23-May-2016

Terbayar sudah penantian pecinta musik tanah air untuk menyaksikan Joey Alexander manggung di Jakarta. Pianis jazz ini seolah menyihir penonton di sekelilingnya.

“Really Inspirational Young Man, Joey Alexander”.  Rangkaian kata ini terpampang di venue di salah satu kompleks JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu malam [22/05]. Para pencinta jazz maupun yang cuma ingin tahu kehebatan Joey berdatangan malam itu untuk menyaksikan band Joey Alexander Trio.


Joey tak sendirian. Dia bermain bersama koleganya, Jeff "Tain" Watts [drum], serta Dan “Chimy” Chmielinski [contra bass]. Mereka ngejazz di panggung yang bisa berputar. Dengan konsep panggung dan penantaan kursi penonton yang melingkar seperti colleseum, Joey dkk bisa terlihat dari berbagai sudut secara bergantian.

Najwa Shihab yang berperan sebagai pemandu acara cukup berhasil membawa suasana konser lebih cair saat jeda konser.

Malam itu Joey memainkan sejumlah repertoar yang terdengar rapi berkat penataan HD quality sound, yang matang sehingga nyaris tak terdengar suara ‘rebek’.

Lagu "Giant Step" jadi pembuka konser.  Komposisi karya musisi jazz legendaris John Coltrane ini membetot rasa estetis penonton, terutama yang mengenal lagu itu.  

Dari beberapa repertoar yang tersaji, lagu lainnya "My Favorite Things", "Over the Rainbow" membius penonton ke ruang dan waktu yang lampau. "My Favorite Things" adalah lagu karya Richard Rodgers, yang dinyanyikan Julie Andrews untuk film Sound of Music [1965], "Over The Rainbow" adalah lagu sountrack film The Wizard of Oz [1939], yang dinyanyikan Judy Garland. Nah Joey Alexander Trio memainkan dua lagu ini dengan irama swing balad yang apik.


Lain lagi saat mereka memainkan komposisi "City Lights". Lagu gubahan Joey ini terdengar lebih ‘rancak’. Jemari Joey terlihat lebih lincah dan cepat memainkan tempo setiap nada lagu itu. Lagu tersebut seperti mempresentasikan suasana New York yang sibuk dengan beragam aktivitas, termasuk pagelaran musik jazz di kota itu. Joey puas memaikan lagu "City Lights" di konsernya ini karena pada ajang Grammy Awards 2016, dia diberikan waktu cuma 90 detik untuk memainkannya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menjadi tamu istimewa konser Joey malam itu. Sebagai cinderamata, Joey yang berkolaborasi dengan Dira Sugandhi dan Barry Likumahuwa mempersembahkan lagu spesial "Rangkaian Melati" dan "Kicir-Kicir", yang tentu saja dengan aransemen ngejazz.

Dari awal hingga penghujung acara, Joey, Tain, dan Chimy selalu memperlihatkan kekompakannya dalam bertukar feeling dalam mengisi porsi instrumen masing-masing untuk setiap komposisi, baik yang terdengar ada sentuhan  swing, bebop, maupun blues. Mereka mencapai klimaksnya ketika penonton nggak mau beranjak pulang dan ingin nambah lagi lagu. Ketiga musisi lintas generasi ini pun bermain lagi pada panggung yang sengaja diputar. Akhirnya, penonton membalasnya dengan standing ovation, lantas pulang membawa rasa puas. Semoga Joey Alexander konser lagi di tanah airnya ini. [][teks &  foto @firza]