}
Penebusan Dosa Bersama M83
Musik

Penebusan Dosa Bersama M83

by Pandu
Wed, 25-May-2016

Setelah Tame Impala, kiosPLAY menggelar event kedua dengan menghadirkan M83, sebagai bintang tamu. Tentu ini melegakan untuk penggemar M83 yang sudah menanti Anthony Gonzales cs sejak lama.

Konser perdana M83 di ibukota ialah bagian Tur Dunia mereka untuk memperkenalkan album ke-7, Junk yang resmi dirilis sejak April 2016. Saat ditemui di Hotel Fairmont, Senayan, Anthony Gonzales sebagai leader mengakui ia tidak mengakui banyak tentang Indonesia. Ia juga bercerita kalau fans lokal beberapa kali memintanya datang ke Indonesia lewat sosial media. Dan baru tahun ini permintaan itu terealisasi.

Konser M83 kemarin bertepatan dengan Nisfu Sya’ban untuk Muslim, yang dirayakan sebagai penutupan buku dosa sebelum Ramadhan. Di Lapangan D Senayan, sebagai permulaan malam penebusan dosa, M83 langsung membuka show dengan musik shogaze yang megah dan mengawang.

Di hati yang ringkih, ambience itu bercampur aduk. Kidung sekaligus remuk. Meredam pikiran-pikiran liar. Menambal lubang perasaan. Atau justru meleburkan jiwa-jiwa berdosa. Menjadi satu, seraya tangan dan kepala menengadah ke langit mencari ampunan.


Semakin larut penonton oleh lengkingan melodi Anthony. terhipnotis oleh single "Wait” dan “Oblivion”. Arena yang ‘hujan, becek tanpa ojek’ pun tak jadi masalah untuk jamaah M83. Sneakers original atau sekadar jeans jadi kotor sih bukan soal.

Dari set list konser, M83 juga memainkan tiga lagu baru di album Junk: “Do It, Try It“ “Go” dan “Solitude”. Lagu-lagu yang belum dikontrak jadi sebuah soundtrack film atau serial teve. Materi di album ini Anthony bilang sebagai bentuk keterasingan dirinya dari industri selama dua tahun belakangan.


“Album ini adalah sebuah statement tentang keterasingan yang saya alami kepada industri. Tentang bagaimana cara kita mengkonsumsi karya lagu. Dari sebuah album cuma beberapa track yang kita suka dan selebihnya jadi sampah. Sebab keterasingan itu, lagu di album ini sebenarnya mewakili perasaan sedih dan melankolis saya, misalnya Solitude. Sebab itu saya namai album ini Junk [sampah],” papar Anthony Gonzales.

Konser ditutup dengan lagu “Midnight City” yang sudah dinanti para jamaah M83 sejak awal. Suasana kidung karena ambience, pecah menjadi suka cita. Dan oh iya, sebelum konser berahir kemarin bulan bersinar terang sekali. [][teks @HaabibOnta | foto official kiosPLAY]