}
Di Balik Sepinya Malam Pertama Ramadhan Jazz 2016
Musik

Di Balik Sepinya Malam Pertama Ramadhan Jazz 2016

by Pandu
Tue, 21-Jun-2016

Ramadhan Jazz Festival [RJF] baru saja berlalu [17 & 18/06]. Festival jazz tahunan yang digagas RICMA [Remaja Islam Masjid Cut Meutia] ini selalu digelar pada Ramadhan dengan lokasi di pelataran Masjid Cut Meutia, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Tahun 2016 ini adalah tahun ke-6 penyelenggaraan RJF. Dibandingkan dengan tahun lalu, RJF yang sekarang tidaklah lebih ramai. RJF tahun lalu, lineup performer lebih menarik massa. Sebut saja, Raisa dan Tulus.

Apakah berarti tahun ini RJF jelek? Tidak. Panitia lebih terkoordinasi dalam pengerjaan. Jadi, tidak ada penonton yang berjejalan saat menyaksikan acara ini. Tidak ada antrean mengular di luar pagar yang bikin lalu lintas di jalan raya ikut merayap. Kali ini lebih banyak orang dapat menonton performer tanpa terhalang kepala atau layar handphone.

Sebagai pembuka, Dewan Pembina Masjid yang dikepalai Purn. Jendral TNI Wiranto memberi kata sambutan. Selanjutnya adalah penampilan, musisi jazz gaek yang selalu jadi langganan RJF, Idang Rasjidi.

Acara sempat berhenti ketika hujan mengguyur saat menginjak tengah malam. BMKG sebelumnya sudah mengeluarkan ramalan cuaca, per tanggal 17-19 Jakarta akan diguyur hujan lebat.

Tapi itu tidak menyurutkan semangat penonton serta para penampil. Dira Sugandi, Yuka Tamada, Barsena, dan Rizky Febian berhasil membuat malam ke-16 Ramadhan menjadi jazzy sekali! [][teks & foto @HaabibOnta]