}
Sinergi antara Jazz Gunung & Banyuwangi
Musik

Sinergi antara Jazz Gunung & Banyuwangi

by Pandu
Fri, 22-Jul-2016

Atas desakan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas kepada penggagas Jazz Gunung Indonesia, maka dibuatlah event perdana Ijen Summer Jazz yang akan berlangsung pada Juli, September, dan Oktober.

Sigit Pramono, penggagas Jazz Gunung menyebut, Abdullah Azwar sempat ikut di salah satu gelaran Jazz Gunung Bromo. Karena kesamaan visi antara Jazz Gunung Indonesia dan konse eco-tourism Banyuwangi. Dibentuklah sebuah amfiteater di Kecamatan Licin, di Lereng Kawah Ijen.

“Dia meminta kami menyelenggarakan hal yang sama dan meminta kami untuk melihat langsung lokasi. Saya bilang padanya, lokasi akan kami bangun pelan-pelan secara idealis,” ucap Sigit Pramono.

Ijen Jazz Summer perdana akan menampilkan dua nama lokal kelas internasional. Syaharani & Queenfireworks [ESQI:EF] dan Nita Aartsen. Untuk performer kedua, meski namanya tidak terlalu wah di tanah air. Itu karena ia sibuk berkeliling dunia ngamen jazz di sana-sini.

Ide jazz di kaki Gunung Ijen pun disambut baik oleh Syaharani, karena keterikatannya dengan masa kecil. Ia menyebut, jika dulu hari-hari sepulang sekolah ia habiskan di juga di lereng gunung. “Saya suka sekali hiking. Karena alam selalu memberi inspirasi bagi musik saya juga.”

Suguhan khas lokal bernama Tari Gandrung akan diplot sebagai pembuka Ijen Summer Jazz. [][teks @HaabibOnta | foto jazzgunung.com]