}
Album Tiga Dara Diaransemen Ulang
Musik

Album Tiga Dara Diaransemen Ulang

by Pandu
Fri, 12-Aug-2016

Niat untuk merestorasi album Tiga Dara [1960] harus kandas. Karena sampai tenggat waktu, master rekam dalam format pita magnetik urung ditemukan. Padahal di saat itu, album serta film ini adalah ikon budaya pop.

Alex Sihar sebagai Produser Eksekutif menyebut Indonesia sudah kehilangan catatan budaya pop terbesarnya. Padahal itu bisa jadi penghubung untuk jaman ini yang putus ke jaman itu. Ia curiga karena krisis pasca kemerdekaan, bisa jadi pita rekaman itu ditiban dengan rekaman lain karena kurang biaya.

Terdapat 10 trek yang diaransemen ulang dari karya asli Saiful Bahri. Memakai format bigband, direkam secara live dan dikomandoi Indra Perkasa. Dikerjakan kurang dari sebulan dari proses rekaman sampai produksi album. Jadwal mepet agar sesuai dengan proses perhelatan konser dan pemutaran perdana film Ini Kisah Tiga Dara.

David Tarigan, Manajer Produksi album ini sempat menolak proyek ‘Bandung Bondowoso’ ini. Sepengalamannya tidak mungkin memproduksi album dalam tenggat yang di luar akal itu. Berkat ‘keajaiban’ projek ini terwujud. Perilisan album dan perhelatan konser.

Bahkan ia sempat kecewa setelah lima bulan pencarian pita rekaman berbuah nihil. “Sedih mampus karena sejarah kita hilang,” terangnya. Sebab itu album ini diaransemen supaya bisa tetap didengar khalayak sekarang.

Dari 10 trek ada 11 penyanyi yang terlibat. Pun seluruh alat bigband dibuat oleh pengrajin lokal. Semisal piano dan drum. [][teks & foto @HaabibOnta]