}
Maksud Afgan di Album SIDES
Musik

Maksud Afgan di Album SIDES

by Pandu
Fri, 02-Sep-2016

Afgan merilis album keempat bertajuk SIDES di Empirica, SCBD, Jakarta [31/8]. Terdapat 13 trek anyar yang dipersembahkan pemuda berkacamata itu. Salah satunya “Percayalah” single yang sudah ditenarkan bersama Raisa.

Pada album ini, Afgan mengeluarkan sisi lain yang ia pendam sebelumnya. Tak lagi mellow penuh balada. Ia berani mengusung R&B, soul, dan hiphop. Musik yang lebih millennia.

“Dari kecil, aku sudah dengarkan lagu-lagu soul dan R&B penyanyi hitam. Mereka adalah inspirasi untuk buat album ini,” terang Afgan.

Ia mengaku, nama album ini muncul lebih dulu dalam kepala sebelum materinya dibuat. SIDES berarti menujukkan sisi musikalitas dalam diri Afgan. Bahkan konsep album sengaja dibuat hitam putih, demi menandakan pembagian inspirasii dalam kebermusikan dirinya.

Pada album SIDES, Afgan bekerjasama dengan Ryan D’Masiv, Inu Numata, Badai Kerispatih, Alam Urbach, Rayi RAN, dan Yura Yunita. Yang menarik, ada satu produser kelas internasional, Mark Hill yang ikut menggarap album ini.

Melalui album ini, Afgan ingin menyampaikan dirinya yang baru. Lebih dewasa dan tidak melulu ‘benderang’. Tapi juga punya sisi gelap. [][teks & foto @HaabibOnta]