}
Review Album: Afgan - SIDES
Musik

Review Album: Afgan - SIDES

by Pandu
Wed, 07-Sep-2016

SEDAP! Kata yang pas untuk album kelima Afgan, SIDES. Terbagi jadi dua sisi yang bertolakbelakang. Sisi hitam, berisi musik R&B yang menginspirasi Afgan. Sedangkan sisi putih, lebih balada –yang mampu melambungkan namanya ke orbit industri.

Konsep musiknya unik, karena beda banget antara sisi hitam dan putih. Sisi hitam, misal lagu "Rollercoaster" itu buat kita pendengar langsung kepikiran tentang Michael Jackson. Otomatis, seketika, maunya ya goyang. Atau "Berani Sadari", saat Afgan kolaborasi dengan Yura Yunita dan Rayi 'RAN', beuh ajib! Nggak kepikiran Afgan akan bawain lagu hip macam gini.

Beda dengan sisi putih yang sudah pasti kita ‘hapal’ dari Afgan. Selalu mendayu, balada, dan berdarah dengan kisah cinta. Sisi ini bisa menghibur Afganisme yang menyukai sisi mellow Afgan. Terutama dengan lagunya "Percayalah" dan "Jalan Terus".

Setelah 4 album, Afgan akhirnya berevolusi dengan musik yang segar dan baru. Tapi pelan, tidak berubah keseluruhan, supaya Afganisme tidak kaget dan kabur. Enam lagu di sisi hitam adalah ‘pertanda’ Afgan akan mengubah haluannya dari balada ke musik millennia. Dan itu bagus, agar Afganisme tidak bosan dan bisa menjaring pendengar baru.

Sisi hitam album SIDES, menyenangkan dan sedap! Sisi putih? Ya kita sudah hapal dengan itu. [][teks & foto @HaabibOnta]