}
Musik

Cerita di Balik Video Musik NEO "Curhat Lagi"

by Pohan
Thu, 06-Oct-2016

NEO merilis video musik single terbaru berjudul “Curhat Lagi” akhir September 2016  di kanal YouTube resmi mereka, NEO Rap. Lagu ini menjadi pemanasan album ketujuh yang beredar dalam format digital di iTunes dan Spotify.

Video tersebut dibintangi para anggota NEO; Udet, Derry, dan Aldy serta menampilkan Duo Harbatah, Puteri Modiyanti, Leona Agustine, Nessie Judge, Cindy Gulla, Rinni Wulandari, Iwa Kusuma, David Bayu 'Naif', Biyan Urbain, dan masih banyak lagi.

Berbicara soal penggarapannya, Ferry Yuniardo ‘Sweetmartabak’ punya alasan tersendiri untuk menggaet banyak pihak. Sang sutradara pun menjelaskan panjang lebar via WhatsApp sebagai berikut:

"Kami ingin mengingatkan kembali kepada banyak orang tentang keberadaan NEO sebagai grup rap di Indonesia yang sudah berhasil bertahan hingga kini, dan secara konsisten terus membuat album.

Dengan banyak orang yang terlibat dalam pembuatan videoklip ini menjadi satu cara untuk memperkenalkan NEO kembali sejak dari awal produksi. Keterlibatan banyak pihak mulai dari yang muda sampe yang tua, dari artis, atlet, orang kantoran, teman-teman di hiphop sampe ke YouTubers atau penggiat media sosial menjadi start awal yang baik.

Ini menjadi jembatan penyampaian pesan kepada generasi pendengar musik rap yang baru eranya Young Lex/Rich Chigga dan juga pengingat kembali untuk yang lama.

Konsep video tercetus dari kebutuhan di atas, secara visual kami mengambil stock secara random. Syuting selama 3 minggu. Footage kami edit secara berkala, lalu melihat kebutuhan gambar untuk melengkapi benang merah dan reaksi yang berbeda dari setiap pihak yang kami ajak bekerjasama setelah mereka mendengar langsung lagu NEO 'Curhat Lagi'.

Semua berjalan natural tanpa ada direction khusus, karna basic-nya pendengar lagu rap dan pecinta hiphop sudah tau apa yang akan dilakukan saat mendengar lagu. Reaksi itu yang kita tangkap dan edit menjadi sebuah kesatuan. Lalu pada akhirnya kita ambil stock personel NEO yang melengkapi keseluruhan cerita dari videoklip.

Rasa di-curhat-in lagi menjadi tema umum yang dialami oleh semua orang di dalam videoklip. Dengan reaksi dan gaya yang berbeda tadi, menjadi penggambaran dari banyak orang tentang rasanya jadi seseorang yang cuma dicurhatin.

Hanya sebagai teman." [][teks @pohanpow | foto courtesy of NEO Rap]