}
Jazz Goes To Campus ke-39: Jazz is The Moment
Musik

Jazz Goes To Campus ke-39: Jazz is The Moment

by Sherra
Mon, 31-Oct-2016

Nggak terasa, gelaran Jazz Goes To Campus [JGTC] telah masuk tahun ke-39. Diadakan sejak tahun 1977 oleh mahasiswa dan seluruh komponen stakeholders Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dengan tema "Jazz is the Moment!", The 39Th Jazz Goes To Campus menjanjikan momen yang berkesan untuk semua yang berkecimpung dalam acara tersebut.

“Pemahaman kata The Moment didapat dengan melihat permainan seorang musisi jazz yang memiliki kecenderungan untuk berimprovisasi, namun tetap berpacu pada not dalam partitur yang sama ketika memulai dan mengakhiri penampilannya. Dalam menghadirkan momen tersebut, kami memiliki dua cara, yaitu dengan suatu momen yang sudah kami persiapkan sebeiumnya dan suatu momen yang akan terjadi secara tak terduga. Dengan begitu, seluruh stakeholders akan menemukan The Moment mereka sepanjang perjalanannya di Jazz Goes To Campus,” ujar Arsyan Diah, Project Officer JGTC ke-39 di Institut Francais d’Indonesie, [28/10].

Beberapa rangkaian acara JGTC ke-39 seru banget. Salah satunya adalah JGTC Clinic oleh para musisi berpengalaman yaitu, Tohpati [gitar], Indro Hardjodikoro [bass], Ramadhani Syah [piano], dan Demas Narawangsa [drum] yang diadakan di 360C Yamaha Communication Center, Jakarta, [29/10].

“Kami berusaha untuk memberikan wadah untuk para musisi muda untuk belajar ke para musisi berpengalaman dalam satu program kami, JGTC Clinic yang bekerjasama dengan BEKRAF yang akan menyampaikan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)”, ujar Devina Ferty, Program Director JGTC ke-39.

Para musisi muda tersebut berkesempatan untuk menunjukkan bakat kemampuannya di JGTC Competition 5 dan 19 November mendatang. Tiga pemenang JGTC Competition akan diberikan kesempatan untuk tampil di JGTC Festival. Cool!

Tak hanya diadakan di wilayah Jakarta, JGTC ke-39 mengadakan mini festival di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto tanggal 11 November 2016 yang akan menampilkan Ricad Hutapea Quartet ft. Renata Tobing, beserta komunitas jazz lokal, seperti Jess Kidding, Jes Tidu, Staccato, SASMI, dan masih banyak lagi.

Dan tanggal 12 November, akan ada JGTC Gathering and Charity Night sebagai bentuk apresiasi untuk para donatur yang berpartisipasi dalam JGTC Scholarship. Bukan cuma itu, bakalan ada JGTC Community Night pada 28 November mendatang. Itu adalah acara yang diadakan sebagai momen berkumpul, berbagi pengalaman, dan berunjuk kebolehan antar komunitas jazz yang digelar di Negev Gastronomy & Art, Jakarta. Mereka adalah Komunitas Jazz Kemayoran, Margo Friday Jazz, Bekasi Jazz Society BSO BAND, dan ITB Jazz.

Momen puncaknya tentu aja gelaran The 39th Jazz Goes To Campus di area kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok, 27 November 2016. Lebih dari 30 musisi jazz lokal dan tiga musisi jazz internasional bakal tampil di empat panggung. Sebut saja Kgomotso Xolisa Mamaila [Afrika Selatan], Sammy Thiebautt Quartet [Perancis], dan Daniel Powter [Kanada].

Dan deretan artis lokal, yakni Kahitna, Barasuara Jazz Project Bersama Indra Lesmana & d Barry Likumahuwa Experiment, Dua Empat Jazz Affairs, Margie Segers and Motown Band, Mocca, Monita Tahalea, Raisa Andriana, Ricad Hutapea Quartet ft. Renata Tobing, Rizky Febian, Tohpati Bertiga, dan masih banyak lainnya. JGTC ke-39 juga akan mempersembahkan dua proyek khusus yaitu JGTC All Stars: Tribute to Ireng Maulana dan JGTC Young Stars: Djanger Bali.

JGTC ke-39 juga memberikan momen apresiasi bagi para figur yang telah berkontribusi terhadap perkembangan industri musik jazz di Indonesia lewat acara JGTC Choice Awards. Nantinya akan ada perhargaan di kategori New Comer Artist, Young Talent, Most Dedicated, Lifetime Achievement, dan Album of the Year.

Tahun ini, JGTC Jazz Museum akan menghadirkan konten Jazz Family, yang akan menceritakan beberapa keluarga yang iintas generasinya mengabdikan diri mereka di dunia jazz, sepert: Lesmana, Keluarga likumahuwa, Keluarga Song, dan Keluarga Dauna.

Wah, seru banget ya rangkaian acaranya. Sampai jumpa di puncak gelaran The 39th Jazz Goes To Campus ya! [][teks & foto @saesherra]