}
Mengenal Alat Musik Tradisional
Musik

Mengenal Alat Musik Tradisional

by Yogira
Tue, 05-May-2015

Meski ini era digital, jangan lupakan  musik tradisional. Orang boleh saja punya skill mainin musik dengan perangkat digital. Tapi, belum tentu mereka bisa mainin alat musik angklung atau sasando.  Boro-boro bisa mainin musik tradisional, mengenal nama alat-alat musik tradisional pun, mungkin kita belum tentu tahu.

Tak kenal, maka tak sayang, yuk kita kenalan sama alat-alat tradisional Indonesia. Ya, sekadar nggak gelap banget mengenai budaya kita.

1. Angklung - Alat musik ini terbuat dari bambu. Cara memainkannya digoyang-goyang agar menghasilkan bunyi. Alat musik khas Sunda ini sudah terdaftar di UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Dunia.

2. Sasando - Alat musik dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Instrumennya memiliki senar, seperti gitar dan kecapi. Terbuat dari bambu, Sasando berbentuk seperti kipas.

3. Kecapi - Desainnya seperti perahu kayu dengan rentangan beberapa senar sesuai sistem nada yang memainkannya, seperti laras pelog, sorog/madenda, atau salendro. Bunyi dari alat musik berasal dari lubang resonansi.

4. Gamelan - Namanya diambil dari bahasa Jawa, gamel, yang artinya memukul/menabuh. Konon, gamelan sudah ada sejak zaman Hindu di Nusantara. Dalam evolusinya, gamelan tidak hanya di Jawa, tetapi juga berkembang di Bali, Sumatera, dan Kalimantan.

5. Djembe - Meski secara historis bukan berasal dari Indonesia, alat musik pukul ini banyak dipakai di suku pedalaman Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Djembe terbuat dari kayu sebagai penopangnya dan kulit kambing sebagai alas pukulnya.

6. Rebab - Alat musik khas Timur Tengah ini masuk ke Indonesia pada saat penyebaran Islam lewat perdagangan di Nusantara. Bentuknya seperti busur bersenar. Memainkannya dengan cara digesek.

7. Serunai - Semacam alat musik tiup [aerofonik], lebih banyak berkembang di daratan Sumatera, terutama di Minangkabau. Bagian unik dari instrumen ini adalah ujungnya yang mengembang, fungsinya untuk memperbesar volume suara.

8. Selompret - Inilah alat musik tiup yang sering dipakai untuk mengiringi pencak silat. Semua kontrol nada pada selompret melalui variasi gerakan bibir peniupnya.

9. Celempung/Siter - Alat musik ini mirip kecapi, terbuat dari kayu yang dipasang 11-13 senar. Sebagai alat musik petik, biasanya siter jadi bagian tak terpisahkan dari pertunjukan seni gamelan.

10. Kendang - Banyak juga menyebut alat musik pukul ini kendhang atau gendhang. Kendang selalu dipakai sebagai pengatur irama musik gamelan. Materi dasar untuk pukulannya terbuat dari kulit kambing. Di tanah Sunda, Kendang lebih populer untuk pengiring tari jaipong. [][teks @yofirza/sumber: academia.edu | foto berbagai sumber]