}
Bryan Adams Sajikan Rock ‘Renyah’
Musik

Bryan Adams Sajikan Rock ‘Renyah’

by Yogira
Tue, 17-Jan-2017

Idealnya, pertunjukan musik rock di panggung terbuka. Tapi pada konser "Bryan Adams Get Up Tour Jakarta”, musik rock seolah dikemas secara eksklusif, di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta [16/1].

Menjelang konser persembahan promotor Live Nation Indonesia di area hotel mewah itu, tak terlihat suasana penuh kerumun orang di pintu masuk. Penonton konser Bryan Adams berdatangan 'nyicil' dari berbagai jalur, baik via lift, elevator, maupun lewat escalator dari berbagai sektor. Area hotel Ritz Carton nggak terlihat gawat oleh berbondong-bondong orang. Aman, santai, kondusif tanpa crowded melimpah. Tentu berbeda kalau konser Bryan Adams di panggung terbuka. Pasti atmosfir rock menggema hingga ke luar arena.

Pintu venue bagi penonton mulai dibuka pukul 18.00. Ada waktu sekitar 2 jam untuk mengumpulkan para pembeli tiket duduk manis di dalam ballroom. Pukul 20 tepat sudah lewat. Bryan Adams belum terlihat. Baru pukul 20.18 Bryan Adams dan band pengiringnya langsung menggebrak panggung dengan distorsi gitar, yang sesekali meraung. Tiga lagu pembuka digeber secara medley. Lagu anyar bertajuk "Don't Even Try" menyapa pendengar.  Penggemar Bryan sontak semangat dalam hingar bingar irama rock n' roll tahun '60-an. Energi rock kian terasa saat Bryan menggiring lagu "Run To You".   

Sejenak Bryan Adams mengambil napas. Istirahat untuk menyapa penggemarnya, yang rata-rata generasi '80 dan '90-an. Sedikit melempar sentil dan canda, Bryan pun meminta penonton menikmati  pentas musik rock dengan gembira.

“Please stand up. It’s rock show,not teve show!" kontan saja, usulan Bryan Adams diamini nyaris semua penonton. Mereka pun berdiri, sebagian malah menyemut hingga bibir panggung. Gemuruh aplaus dan teriak senang menyambut aksi panggung Bryan selanjutnya.

Ada belasan lagu dalam dua jam konser penyanyi paruh baya ini. Dahsyatnya, meski usianya tahun ini menuju angka 57, toh Bryan tetap kukuh. Penampilannya tak tampak rapuh. Pastinya, ini berkat pemilihan playlist lagu yang matang. Bryan bisa tampil energik dengan irama rock n' roll. Namun untuk merehatkan kondisinya selagi bermain, dia menyanyikan juga lagu-lagu romantis, mellow dan ballad, seperti "Heaven", "[Everything I Do] I Do It For You", "Please Forgive Me", "Have You Ever Really Loved a Woman?" dan termasuk lagu pamungkas "All For Love". Nyaris semua penonton sing along untuk semua lagu populer itu.

Bryan Adams tak melewatkan juga lagu hits lainnya, semisal: "Here I Am", "Straight From the Heart", "Somebody, "18 Till I Die", dan "Let's Make A Night To Remember". Ada gimmick menarik ketika Bryan meminta salah satu penonton wanita untuk bergojet. Penonton pun merasa terhibur dengan atraksi wanita itu.

Bryan Adams pernah konser di Jakarta tahun 1994. Tentu saja, kalau dibandingkan dengan penampilannya tahun ini terasa berbeda. Pada konsernya tahun ini, dia bisa berfoto bareng dan selfie dengan smartphone-nya. Dia juga bisa meminta penonton untuk menyalakan handphone bersamaan dengan lambaian tangan ketika lagu slow.

Pada konsernya kali ini, Bryan Adams ibarat koki yang lihai. Dia mampu menghidangkan masakan lezat dengan rasa pas bagi penikmatnya. Suguhan musik rock konsernya ini terasa seperti makanan renyah, kriuk-kriuk lezat, dan bikin ketagihan. Nggak berat, tapi nggak enteng juga sebagai sajian musik live.  [][teks @firza | foto Robby Suharlim]