}
MCF Bukti Antusiasme Hip Hop Kota Khatulistiwa
Musik

MCF Bukti Antusiasme Hip Hop Kota Khatulistiwa

by Pohan
Thu, 16-Feb-2017

Amerika punya Beastie Boys dan Run-D.M.C. yang sama-sama berasal dari pusat wilayah metropolitan New York. Sayang, kedua grup yang lahir pada era '80-an ini sudah tamat. Namun, hip hop masih terus bergerak dengan segala kisahan.

Dari sekian banyak grup hip hop,  Indonesia menyimpan Mr. Creese Familia alias MCF,  yang tengah bergelora. Mereka terbentuk Oktober 2012 di Kota Khatulistiwa. Tampak jelas nuansa old skool Beastie Boys dan Run-D.M.C. menjadi inspirasi MCF dalam berkarya.

Grup ini beranggotakan kakak beradik Bayu Surya Saputro a.k.a. Bayu, Christiyan Aji Saputro a.k.a. Creezbon, serta dua sahabat Marizal Fazmi a.k.a. Ijal dan Chiko Ismail a.k.a. Chico. Ketika masih bertiga MCF mengeluarkan karya musik mini album berjudul Story of Life pada 2014.

Dua tahun kemudian, Ijal yang biasanya jadi MC tambahan resmi bergabung. Amunisi baru, Whosthefux langsung digelontorkan 15 September 2016. Debut album ini berisi 12 nomor yang memakan waktu penggarapan sekitar delapan bulan.

Proses meramu album berlangsung di studio milik Creezbon, Growlingdog Records yang bekerja sama dengan Hammerkids Music. Setelah album diluncurkan, MCF sempat melaksanakan Holidayz in Tour 2016 keliling sembilan kota di Pulau Jawa selama November 2016.

Menurut Bayu, tahun ini mereka berencana bikin video musik single “Whosthefux”. Simak perjalanan MCF di kanal YouTube HAMMERKIDS MUSIC[][teks @pohanpow | foto dok. MCF]