}
Jazz Buzz Salihara: The Andre Dinuth Tampil 'Meledak'
Musik

Jazz Buzz Salihara: The Andre Dinuth Tampil 'Meledak'

by Pandu
Fri, 17-Feb-2017

Pekan pertama Jazz Buzz Salihara, The Andre Dinuth Group jadi penampil pembuka. Mereka terdiri dari lima personel pria. Adhitya [Bass], Martin [keyboard], Yandi [drum], George [Tifa] dan sebagai 'motor' Andre Dinuth [gitar].

Sebagai catatan, Andre Dinuth adalah gitaris session yang biasa manggung dengan Glenn Fredly, Sandhy Sandoro dan Erwin Gutawa. Andre bergabung juga di grup Six Strings bersama Dewa Budjana, Tohpati, Eros, Baim, dan Baron.

Teater Salihara mendadak seperti konser heavy metal ketika Andre Dinuth menyapa penonton dengan lagu pertama. Prasangka akan menonton konser jazz yang njelimet segera luntur. Pasalnya, trek pertama "Southerm Departure" meledak-ledak. Plus, aksi Andre Dinuth juga yang enerjik. Seperti meledek, ingin moshing kan?

The Andre Dinuth Group tidak menghadirkan aliran jazz arus utama, seperti ragtime, bebop atau swing. Mereka pilih jazz-rock dan rock progresif. Kencang dan elegan.

Kecuali untuk trek “You’ll Always Be” yang diambil dari album solo kedua Andre Dinuth [Here With You; 2016]. Trek ini Andre anggap spesial karena ditujukan untuk orang-orang yang telah berjasa dalam hidupnya.

Di tengah penampilan, Muhammad Saad pemain suling yang biasa mengiringi Dewa Budjana ikut masuk sebagai personel tambahan, untuk trek "Solitude" dan "Sahara".

Setelah lima trek, durasi manggung telah habis. Tapi penonton belum mau beranjak. Seperti ingin masih menikmati. The Andre Dinuth Grup yang sudah ke balik tirai akhirnya dipaksa lagi tampil. Mereka pun memberikan sebuah encore dengan trek bertajuk “Rat Race” sebagai penutup malam pertama Jazz Buzz Salihara. [][teks @haabibonta | foto Salihara]