}
Al Jarreau: Penyanyi Jazz Langka Kini di Alam Baka
Musik

Al Jarreau: Penyanyi Jazz Langka Kini di Alam Baka

by Yogira
Tue, 14-Feb-2017

Khasanah musik dunia kembali harus kehilangan penyanyi langka yang berpulang ke alam baka. Ya, Al Jarreau meninggal di Los Angeles, Amerika pada 12 Februari 2017. Penyanyi kelahiran Milwaukee, Wisconsin pada 12 Maret 1940 ini mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 76 karena kelelahan.

Al Jarreau layak disebut penyanyi langka karena olahsuaranya yang unik. Dengungan dan aksentuasi vokalnya bernuansa perkusif. Karena  gaya nyanyinya yang khas, para pengamat musik seringkali menilai bahwa Al Jarreau adalah salah satu penyanyi yang berpengaruh pada perkembangan gaya olahsuara beat box. Dengar saja lagu berjudul “Easy”, “Boogie Down”, dan tentu saja “Spain” --lagu gubahan Chick Corea, yang semula adalah repertoar jazz instrumental. Ketika “Spain” jadi lagu berlirik dan dinyanyikan Al Jarreau, “Spain” jadi karya musik populer. Sepertinya, hampir semua penyuka musik jazz tahu lagu ini.

Penyanyi bernama asli Alwyn Lopez ini tidak hanya melulu bergulat dengan musik jazz. Dia juga bisa berkolaborasi dengan pelaku musik pop, semisal, Michael Jackson dan David Foster. Bahkan di ajang Grammy Award, dia sudah menyabet 6 penghargaan, tak cuma kategori jazz, tapi juga kategori Best Pop Vocal dan R&B Vocal.  

Namun memang sepanjang kariernya, Al Jarreau lebih banyak berjibaku di kancah jazz. Selain dengan Chick Corea, dia terlibat juga pada sejumlah proyek album musik smooth jazz milik musisi Miles Davis, Joe Sample, David Sanborn, dll.

Di Industri musik, Al Jarreau menelurkan 17 album full sejak tahun 1975 hingga 2014, plus album live dan album kompilasi. Dari semua albumnya, ada sejumlah album yang menarik perhatian pendengar musik dunia dan layak sebagai album terlarisnya, antara lain: This Time, Breakin’ Away, Jarreau, dan Heaven and Earth. Dari semua album itulah ada beberapa lagunya jadi populer dan hingga kini banyak pencinta musik yang menyukainya, semisal lagu: “Never Givin' Up”, “Breakin' Away”, “Mornin”, dan “Boogie Down”.

Beberapa bulan menjelang akhir hayatnya, Al Jarreau tetap sibuk tur musik hingga keliling Eropa. Imbasnya, dia sakit karena kelelahan.  Kesehatannya terganggu, terutama pada pernapasannya. Hingga sejak pekan lalu, dia menyatakan istirahat menjalani tur musik. Tapi, ternyata, Al Jarreau istirahat selamanya dari musik dunia. [][teks @firza/berbagai sumber | foto aljarreau.com]