}
Rapper Bandung Ini Lepas Trek Soal Konflik Agraria
Musik

Rapper Bandung Ini Lepas Trek Soal Konflik Agraria

by Pandu
Mon, 06-Mar-2017

Morgue Vanguard [MV] berkolaborasi dengan Doyz melepas materi anyar, “Check Your People” di lapak soundcloud mereka. Sebuah trek 4 menit 47 detik yang bertema konflik agraria.

Di tengah bising media massa tentang Pilgub DKI, malah duet ini getol dengan polemik 'senyap' yang kurang dilirik media, seperti: reklamasi Teluk Benoa, perlawanan warga Rembang dan Pati, hingga warisan tambang Freeport.

Lewat “Check Your People”,  MV dan Doyz berusaha mengetengahkan lagi perjuangan warga akar rumput yang lahannya hampir dibuldozer. Seperti bias, trek MV dibumbui dengan scratch dari DJ-E.

Dalam kultur hip-hop, kalimat “Check Your People” adalah frase yang biasa diucapkan. MV seperti keluar dari pakemnya yang kelam dan gelap di trek ini. Tapi tetap membakar seperti orator dalam aksi demonstrasi.

Trek ini bisa diunduh gratis di situs grimlocrecords, label duet ini bernanung. Unduhan disertai juga dengan dokumen pdf yang menjadi bahan referensi guna menggalang desiminasi wacana seluasnya.

Rencananya, kolaborasi ini akan menghasilkan sebuah EP yang dilepas dalam bentuk piringan hitam 12 inch. Selain “Check Your People”, single “Testamen” juga akan masuk ke dalamnya. [][teks @haabib_onta | foto grimlocrecords.com]