}
LAS! Bicara Revolusi
Musik

LAS! Bicara Revolusi

by Pohan
Wed, 22-Mar-2017

Selesai video “Sentarum”, band alternatif folk LAS! asal Pontianak Utara kembali merilis video musik single terbaru “Anak-anak Revolusi” pertengahan Februari 2017. Video ini disutradarai Andika Patrya dan mengambil lokasi syuting di Canopy Center, Pontianak.

Penulisan liriknya diciptakan drumer LAS!, Diaz. Ia mendapat ilham dari buku ANAK-ANAK REVOLUSI karya aktivis dan politisi Budiman Sudjatmiko. Tentu lagu sengaja dibawakan sebagai tanda hormat bagi siapa saja yang berjuang melawan kebengisan rezim Orde Baru. 

LAS! ingin berbagi sekelumit kisah tentang sejarah kelam bangsa Indonesia yang pernah dipimpin selama 32 tahun oleh rezim yang totaliter nan absolut itu. Mereka menganggap potongan-potongan masa lalu terkesan ditutup-tutupi sebagian kalangan sampai hari ini.

"Anak-anak Revolusi" mencoba menggambarkan perjuangan para aktivis dan revolusioner muda yang kala itu kerap dibungkam, dibisukan, bahkan dilenyapkan keberadaannya lantaran menyuarakan keberingasan dan pelanggaran HAM yang dilakukan rezim terdahulu.

Menurut LAS!, generasi muda harus selalu dapat berkaca dan mawas diri dari ancaman pelanggaran HAM di masa depan.

"Semoga percikan api revolusi dan semangat juang para pendahulu bangsa ini dapat selalu kita jaga, juga dapat kita wariskan kepada generasi selanjutnya,” tulis mereka di siaran pers.

Video “Anak-anak Revolusi” menjadi perpisahan LAS! dengan vokalisnya, Ferdinand Mahendra ‘Dinand’ yang mengundurkan diri karena ingin fokus dengan pekerjaan lain. Namun, LAS! memilih bertiga saja tidak mencari pengganti atau menambah personel.

Mulai dibentuk September 2015, LAS! sudah mengantongi satu mini album berjudul Bona Fortuna. Rencananya, album penuh mereka yang sekarang masih dalam proses penggarapan dilepas sekitar akhir tahun atau awal tahun 2018. [][teks @pohanpow | foto dok. LAS!]