}
Musik

Navicula Tawarkan Eksplorasi Baru dengan Tatap Muka

by Pandu
Wed, 20-May-2015

Pada warsa ke-16 tahun, Navicula siap merilis album ke-8, berjudul Tatap Muka. Ada delapan lagu yang direkam secara live akustik dan siap beredar mulai 22 Mei mendatang.

Album ini bisa dibilang sebagai eksplorasi baru oleh pasukan Green Grunge Gentlemen ini. Konseskuensi merekam permainan akustik secara langsung ialah harus luput dari kesalahan, misalnya nada yang fals serta tempo yang terburu-buru.

Sebagai appetizer, Navicula merilis video klip berjudul "Merdeka".

“Kami ingin menampilkan kejujuran. Video akan sangat membantu pendengar untuk dapat merasakan energi musik yang kita mainkan, juga dapat menampilkan bagaimana proses kreatif itu terjadi,” tutur gitaris Dankie, mengenai video klip tersebut.

Ada enam musisi yang ikut menggarap album baru ini. Masing-masing mewarnainya dengan sentuhan bunyi perkusi, piano, cello, gitar, dan vokal wanita. Imbasnya, bunyi yang dihasilkan lebih beragam dan tebal. 

“Kan kami memang nggak mau overdub. Kami ingin rekaman yang live, makanya [kami] mainnya keroyokan,” kata drummer Gembull.

Hal itu juga diamini oleh bassist Made. Ia merasa beruntung karena mendapat bantuan dari teman-teman yang punya skill yang mantap.

Sebelumnya, lagu "Merdeka" pernah dimuat di album Beautiful Rebel [2007]. Kwartet Bali ini mengaransemennya kembali. Soalnya menurut mereka, "Merdeka" dapat mewakili keinginan setiap orang dalam berbagai konteks.

Vokalis Robi menjelaskan, lagu ini bisa masuk ke pelbagai sendi, “Mulai kemandirian dari orangtua atau beban kerja, kemerdekaan atas penjajahan, hingga kemerdakaan spiritual dari keterikatan duniawi.”

Navicula akan meluncurkan Tatap Muka pada konser tunggalnya di Paviliun 28, Jalan Petogogan 1 no 25 Jakarta Selatan.

Hanya akan ada 100 tiket yang dijual seharga 100K. Harga itu sudah termasuk satu album Tatap Muka. Jadi catat dan cepat sikat tiketnya! Informasi lainnya, silakan sambangi laman mereka di naviculamusic.com yaa.. [][teks @HaabibOnta | foto courtesy Navicula]