}
Frontman Bangkutaman Luncurkan #GilaVinyl
Musik

Frontman Bangkutaman Luncurkan #GilaVinyl

by Pohan
Fri, 14-Apr-2017

Frontman Bangkutaman, Wahyu Acum meluncurkan buku Gila Vinyl atau #GilaVinyl, Rabu [12/04] di Aksara, Kemang. Buku ini membahas seputar dunia vinyl alias piringan hitam yang diadopsi dari pengalaman pribadinya.

Acum mulai mengerjakan buku ini tiga tahun yang lalu sampai beres awal 2017 silam. Salah satu kendala yang sempat dialami dalam proses pengerjaan buku, ia lupa nama hingga lokasi tempat penjualan vinyl.

Koleksi Acum memang tidak segudang, hanya sekitar seribu yang kebanyakan vinyl berukuran 7”. Namun, ia cukup serius mengelola website bernama sama gilavinyl.com. Vinyl pertama yang ia miliki band rock era '60-an, Byrds.

Buku #GilaVinyl diterbitkan Bhuana Ilmu Populer yang memiliki tebal 268 halaman. Pecinta vinyl direkomendasikan membaca buku dengan harga Rp 150 ribu ini yang bisa didapatkan di Gramedia.

Berikut pernyataan orang-orang yang terlibat di dalamnya:

"Itu isinya selain cerita pengalaman Acum cari vinyl ke kota-kota lain. Dia juga banyak interview orang-orang yang emang mendalami itu dan suka. Jadi lebih kayak buku sharing hobi,” ujar Arian Arifin, editor buku #GilaVinyl.

“Kalau passion lo di musik mungkin, apalagi format musik vinyl, ini buku lumayan penting karena lo bisa tau orang-orang yang, ada public figure, dan juga orang-orang yang senasib gila vinyl. Bagaimana mereka mengumpulkannya dari awal, bagaimana keracunannya vinyl, sampe info-info yang bisa berguna ketika loe mau nyari vinyl,” kata Vincent, narasumber buku #GilaVinyl. [][teks & foto @pohanpow]