}
Generation Axe: Ketika Dewa Gitar Berkongsi
Musik

Generation Axe: Ketika Dewa Gitar Berkongsi

by Pandu
Wed, 26-Apr-2017

Apa jadinya jika dewa-dewa gitar berkumpul di satu panggung? Pecahlah suasana. Begitu kira-kira yang terjadi di Ecovention, Ancol, [21/4]. Mereka adalah Steve Vai, Yngwie Malmsteen, Zakk Wylde, Tosin Abasi, dan Nuno Bettencourt. Mereka pentas bersama, memamerkan keahliannya menggelitik senar gitar jadi untaian suara memesona. 

Kelimanya tergabung dalam Generation Axe yang sedang melakukan Tur Asia 2017. Promotor Original Production berhasil menggaet mereka untuk main di Jakarta. Ini adalah kali pertama formasi ini main di Jakarta.

Steve Vai bilang,”The Generation Axe adalah penampilan unik dari lima pemain gitar berbakat yang datang untuk menciptakan pertunjukan gitar yang hebat sekali."

Hal ini betul-betuk terwujud. Setiap wajah yang sedari jam 19:00 sudah ngantre depan gerbang, sampai selesai jam 23:00, rata-rata tampak sumringah.


Disuguhi 25 lagu gledek dari lima gitaris dewa, apalagi yang mau dikomplain? Tidak kurang, tidak lebih, pas! Masing-masing gitaris membawakan trek semisal "Little Wing", "More Than Words", "Midnight", "Overture", dan "Tender Surrender". Penonton di area festival atau yang duduk di VIP tampak terperangah takjub melihat permainan kelimanya.

Tosin Abasi membuka show dengan permainannya yang progresif. Berikutnya adalah penampilan  Nuno Bettencourt yang humoris dengan banyolannya. Suasana jadi hidup. Apalagi waktu dia membawakan tembang andalan "More Than Words". Meleleh.

Zakk Wylde yang pernah berkolaborasi dengan Ozzy Osburne, tampil gahar dengan mengkover lagu Black Sabbath. Bahkan ia sampai turun ke penonton untuk pamer permainan solonya.


Giliran Steve Vai lalu lanjut Yngwie Malmsteen, satu Ecovention ‘beribadah’ dengan khidmat. Bunyi sirine di luar aula juga tidak dihiraukan. Semua seperti tersihir untuk terus menatap  keduanya.

Di antara kerumunan juga terlihat gitaris tanah air yang ikut menonton. Seperti: Choky Bollemeyer, Dewa Budjana, Andra Ramadhan, dan Stephen Santoso. Konser ditutup dengan kelimanya mengkover lagu Deep Purple berjudul "Highway Star" sebagai penutup. [][teks & foto @haabib_onta]