}
Sejarah! Band Indonesia Manggung di Woodstock
Musik

Sejarah! Band Indonesia Manggung di Woodstock

by Pandu
Mon, 17-Jul-2017

Band Rock n' Roll asal Bandung, Speaker First menorehkan sejarah baru dalam industri musik tanah air. Sebagai trio yang tercatat diundang main di Festival Woodstock 2017 pada 3 Agustus mendatang.

Sebab ini pertama kalinya dalam sejarah, band Indonesia diundang tampil manggung. Bahkan Speaker First jadi penampil dari Asia satu-satunya. Untuk menjadi catatan, Jimi Hendrix bisa setenar saat ini setelah ia main di Woodstock tahun 1969. Karena itu adalah festival musik terbesar di dunia. Sekitar 750ribu pengunjung tercatat hadir tahun lalu ikut memeriahkan.

“Yang kami persiapkan saat ini adalah mental. Karena akan manggung di festival sebesar itu,” ucap Bony, gitaris. Sedangkan, Mahattir, vokalis, menyebut ini adalah mimpi yang mendadak terwujud. Apabila tawaran datang cuma jadi pengelap keringat untuk band yang tampil pun, ia tidak akan menolak.

Tawaran manggung di Woodstock tidak datang datang bagai hujan tanpa awan. Delapan bulan sebelumnya, Speaker First repot menjalani tur Amerika. Setelah single mereka meledak di radio-radio pesisir Barat. Dari situ, tawaran Woodstock datang.

Speaker First bahkan tak perlu menjalani proses seleksi atau kompetisi untuk bisa main. Mereka pun dijadwalkan main di hari pertama jam 8 malam waktu setempat. Ketika festival sedang panas-panasnya.

“Kami belum mencapai sebuah akhir. Manggung di Woodstock bukan goal atau achievement. Ini hanyalah proses buat kami,” tutup Beny, gitaris. [][teks & foto @haabib_onta]