}
Bertemu Manjakani di Soundrenaline 2017
Musik

Bertemu Manjakani di Soundrenaline 2017

by Pohan
Mon, 18-Sep-2017

Duo pop Manjakani berkesempatan mengisi panggung A Camp Soundrenaline hari terakhir pada 10 September 2017 di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Mereka salah satu pemenang audisi Gang of Folk gagasan Folk Musik Festival dan Siasat Partikelir melalui program Go Ahead Challenge.

Aksi Muhammad Taufan Eka dan Nabilla Syafani tampak cukup agung sambil mengalungkan gitar akustik dengan membawakan lima lagu termasuk single “Asmaraweda” yang mereka rilis Desember 2016 lalu serta lagu daerah asal mereka, Kalimantan Barat, "Cik Cik Periok”.


Judul yang menggoda, “Asmaraweda” disebut menyuarakan suara burung. Topan mengatakan, “Burung itu harus terbang bebas bukan di dalam sangkar. Walaupun di dalam sangkar, dimandiin, diajak ngobrol. Tapi dia harusnya terbang bebas bukan di sarang. Itu pemikiran kami.”

Manjakani tidak hanya manggung di Bali. Sejumlah kota yang telah disambangi tentu menjadi catatan penting karena masing-masing memiliki kesan yang berbeda antara lain Yogyakarta, Kucing [Malaysia], Malang, Jakarta, dan Bandung.

Kota Bandung menurut Topan yang paling berkesan. “Musik Manjakani kayaknya pas banget untuk berada di situ. Mereka dengerin musik yang sejenis. Apresiasi mereka juga pada penampilan kita waktu itu lumayan,” tambah Nabila.


Selama manggung, Manjakani mendapatkan evaluasi. “Kita dapat kritikan dan masukan, dari sound system, dari interaksi ke penonton, itu yang direvisi orang. Kita juga sangat terbantu sama masukan. Penyakitnya dari dulu susah ngobrol sama penonton agak canggung,” ungkap Topan.

Awal perjalanan bermusik sepasang kekasih ini tanggal 5 Juni 2015 saat mereka memainkan dua buah lagu milik Peterpan di acara musik tempat mereka menimba ilmu di Universitas Tanjungpura, Pontianak. Keduanya berkuliah di jurusan yang sama Pendidikan Seni Tari & Musik.

Tak berhenti di Soundrenaline 2017, Manjakani kendati sibuk manggung perlahan menyelesaikan sebuah album. Rencana ke depan “Talijiwa” menjadi single berikutnya. [][teks & foto @pohanpow]